Peran Perempuan di Indonesia Vital

Peran Perempuan di Indonesia Vital

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 17 Desember 2015 19:40:02 WIB


Perempuan memiliki peran besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, karena itu semua pihak harus memberikan pengakuan atas eksistensi tersebut dengan menghargai hak-haknya.


"Perempuan jika diberikan peluang dan kesempatan, akan bisa berbuat hal yang luar biasa," kata Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sumatera Barat (Sumbar) Kombes Pol. Nur Afiah saat memimpin upacara peringatan Hari Ibu ke-87 di halaman kantor gubernur, Kamis (17/12).


Menurutnya, dalam perjuangan kemerdekaan, gerakan perempuan terlihat dalam Kongres Perempuan pertama pada 22 Desember 1028 di Yoyakarta.


"Kongres itu ikut mendorong berdirinya Indonesia yang merdeka," katanya.


Ia berharap, peringatan Hari ibu yang dilakukan setiap tahun dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan, baik dalam keluarga, masyarakat maupun dalam berbangsa dan bernegara.


Selain peringatan Hari Ibu, upacara tersebut sekaligus juga memperingati empat hari besar lainnya yaitu Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia, Peringatan Hari AIDS Sedunia, dan Peringatan Hari Nusantara 2015.


Kepala Bagian Protokol Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Kuswandi mengatakan, peringatan lima hari besar tersebut dilakukan secara bersamaan karena dinilai masih memiliki hubungan.


"Waktu peringatannya juga saling berdekatan, dan pelaksanaan berjalan dengan lancar serta khidmad" katanya.