Alat Kelengkapan DPRD Sumbar Disahkan

Alat Kelengkapan DPRD Sumbar Disahkan

Berita Utama DENY SURYANI, S.IP(Sekretariat DPRD Prov. Sumbar) 13 Januari 2016 17:25:37 WIB


Padang, Set DPRD---Penetapan alat kelengkapan DPRD Sumbar untuk masa kerja tahun 2016 benar-benar seru. Dibanding tahun-tahun sebelumnya, kali ini adalah yang paling alot. Drama politik jelas terlihat, tarik ulur waktu sangat dimanfaatkan 9 fraksi yang ada untuk mencari formula pas. 

Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim mengatakan, memang ada terjadi perdebatan alot dalam penentuan mengisi lima Komisi di DPRD tersebut. Namun begitu tegas dia, semua itu untuk masyarakat dan kemajuan provinsi Sumbar. 

"Memang agak cukup hangat, hingga kemarin sempat deadlock. Namun ini agar DPRD kedepan lebih bagus lagi memperjuangkan aspirasi rakyat," ujar Hendra saat mengelar jumpa pers bersama segenap unsur pimpinan fraksi.  

Dijelaskan Hendra, dinamika dalam berpolitik adalah hal wajar, perdedaan diharapkan menjadi rahmad untuk semua. "Ini memang lembaga politik, namun yakinlah dengan harmonisasi dan komunikasi yang baik, akan mendapatkan hasil yang baik pula," ungkap Ketua Fraksi Nasdem Risnaldi pada jumpa pers tersebut menambahkan.

Hendra mengatakan pada tahun 2016 ini banyak tantangan. Mulai dari target pengesahan rancangan peraturan daerah (ranperda) sebanyak 19 yang sudah ditetapkan pada program legislasi daerah (prolegda). Selain juga penyusunan rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Bukan hanya itu saja, ada pula tantangan dalam bidang ekonomi terkait sudah dimulainya pasar Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). "Kita berharap susunan komisi yang sudah disahkan ini bisa mengerjakan semua target itu dengan baik," ujar Hendra. 

Ketua Fraksi Nasdem, Risnaldi menjawab sama. Menurut dia, komisi disusun dengan serius. Salah satunya dengan memperhatikan kemampuan dan keahlian anggota dewan sesuai dengan bidang komisi terkait. Pihaknya mencontohkan Aristo Munandar ditetapkan sebagai Ketua Komisi I bidang pemerintahan. "Ini menurut DPRD sangat sesuai mengingat Aristo berpengalaman dalam bidang pemerintahan. Aristo pernah menjadi bupati Agam 2 periode," terang Risnaldi yang berasal dari Daerah Pemilihan Sumbar 8 ini. 

Disebutkannya, sebagaimana diketahui, sebelum penetapan kemarin, perang kepentingan sejumlah fraksi dalam menempatkan wakil-wakilnya untuk posisi strategis di alat kelengkapan pada lima Komisi di DPRD. "Sudahlah ditunda sehari, setelah diagendakan lagi (pukul 14.00 WIB kemarin), dewan masih membutuhkan waktu empat jam untuk berunding. Kesepakatan baru bisa diambil DPRD pada pukul 18.00 WIB," tukas Risnaldi.

Sebelumnya menurut Risnaldi, penyusunan AKD terseok-seok disebabkan jumlah susunan komisi yang tak imbang. Jumlah anggota komisi II tak sesuai tata tertib. Rencana awal pada komisi II hanya 5 orang. Padahal minimal harus 9. Jumlah menumpuk pada Komisi I bidang pemerintah yang berjumlah 16 orang dan Komisi IV bidang pembangunan sebanyak 14 orang. Sementara  Komisi III bidang keuangan dan komisi V bidang kesejahateraan  masyarakat (kesra) masing-masing 10 orang. 

"Namun, setelah perdebatan panjang. Susunan komisi pun menjadi lebih imbang. Yakni, Komisi I ada 11 orang, komisi II 9 orang, komisi III 10 orang, komisi IV 14 orang dan komisi V 11 orang," tambahnya. 

Komisi I diketuai oleh Aristo Munandar (Golkar). Jabatan tersebut dipercayakan pada Aristo, mengingat pengalamannya sebagai pamong senior Bupati Agam dua periode. Sedangkan untuk Wakil Ketua dipengang Novi Yuliasni (PPP), lalu Sekteraris Komi Chaniago (fraksi gabungan PDIP, PKB dan PBB).

Pada Komisi II Bidang Ekonomi, sejumlah fraksi sepakat jabatan Ketua diberikan kepada Rizanto Algamar (PDIP, PKB dan PBB), Wakil Ketua  Sabrana (Gerindra) dan Sekretaris Rahmad Saleh (PKS).

Ketua Komisi III Iswandi Latief (PAN), wakil Liswandi (Demokrat), sekretaris Supardi (Gerindra). Ketua Komisi IV Marlis (Hanura), wakil Saidal Masfiyuddin (Golkar), sekretaris  Muzli m. Nur (PAN). Ketua Komisi V Apris (Nasdem), wakil Nofrizon (Demokrat), sekretaris Yuliarman (PPP). *

Susunan Alat Kelengkapan DPRD Sumbar Tahun 2016:

Komisi I Bidang Pemerintahan

 

1. Aristo Munandar                 Ketua          (Golkar)

2. Novi Yuliasni                       Wakil          (PPP)

3. Komi Chaniago                    Sekretaris   (PDIP, PKB, PBB)

4. Sitti Izzati Aziz

5. Dharman Sahladi

6. Jasma Djuni Dt. Gadang

7. Ahmad Rius

8. Mochklasin

9. Irwan Afriadi

10. Syaiful Ardi

11. Riva Melda

 

 

Komisi II Bidang Ekonomi

 

1. Rizanto Algamar                  Ketua          (PDIP, PKB dan PBB)

2. Sabrana                               Wakil          (Gerindra)   

3. Rahmad Saleh                     Sektretaris            (PKS)

4. Bukhari Dt. Tuo

5. Zalman Zaunit

6. Evel Murfi Syaifoel

7. Armiati

8. Yulfitni Djasiran

9. Sabar AS

 

 

 

 

 

Komisi III Bidang Keuangan 

 

1. Iswandi Latief                      Ketua          (PAN)

2. Liswandi                              Wakil          (Demokrat)

3. Supardi                               Sekretaris  (Gerindra)          

4. Afrizal

5. Indra Dt. Rajo Lelo

6. Martias Tanjung

7. Muslim M Yatim

8. Murdani

9. Taufik Hidayat

10. Albert Hendra Lukman

 

 

Komisi IV Bidang Pembangunan 

 

1. Marlis                                  Ketua          (Hanura)

2. Saidal Masfiyuddin              Wakil          (Golkar)

3. Muzli M Nur                        Sekretaris   (PAN)

4. Zigo Rolanda

5. Suirpen Suib

6. Asrul

7. Ismudandi Syofian

8. Sudarmi Saogo

9. Erman Mawardi

10. Iradatilah

11. Syafril Ilyas

12. Rafdinal

13. Risnaldi

14. Burhanuddin Pasaribu

 

 

Komisi V Bidang Kesejahteraan 

 

1. Apris                                    Ketua          (Nasdem)

2. Nofrizon                               Wakil          (Demokrat)

3. Yuliarman                            Sekretaris   (PPP)

4. Marlina Suswati

5. Hidayat

6. Darmon

7. Amora Lubis

8. Irsyat Syafar

9. Endarmy

10. Zusmawati

11. Achiar

 

Badan Pembentukan Peraturan Daerah 

 

Risnaldi                Ketua                    (Nasdem)

Hidayat                Wakil                    (Gerindra)

(dprd-sumbarprov.go.id)