Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota Canangkan Lokasi Sentral Peternakan Kuda

Peternakan YUNI ERLITA, S.Pt(Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan) 21 Februari 2016 12:52:57 WIB


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Limapuluh Kota mencanangkan Kecamatan lareh Sago Halaban sebagai sentral peternakan kuda di daerah itu. Selain untuk peternakan, lokasi tersebut juga dapat dijadikan tempat pacu kuda, kata tokoh masyarakat Lareh Sago Halaban, Ferizal Ridwan saat  melakukan petermuan dengan warga dan pihak yang akan melakukan pengelolaan sental peternakan kuda tersebut. Ia menambahkan, untuk mewujudkan hal itu perlu adanya semacam kerjasama antara pihak yang akan mengelola dengan pemerintah.

Menurutnya, lokasi yang cukup memadai itu harus dimanfaatkan dengan baik, seperti peternakan kuda dan gelanggang pacu, serta membangun kampus peternakan dan wisata alam, dimana lokasinya sangat strategis. Ini kesempatan bagus, dan solusi untuk membangun nagari (desa adat) agar tidak tertinggal, kata dia yang juga wakil bupati terpilih.

Sementera pemerhati kuda, Aguspen Adnan sebagai pihak yang akan menjadi mitra untuk menjalankan sentral peternakan itu menyambut baik sikap pemerintah dan masyarakat sekitar terhadap rencana tersebut. Dengan dijadikan lokasi untuk wisata berkuda, pertenakan kuda, tentunya akan dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian warga sekitar, ujar dia.

Tokoh Masyarakat Lereh Sago Halaban mendukung lokasi seluas 700 hektar untuk sental peternakan dan lokasi pacuan peternakan kuda. Menurutnya, dengan adanya sentral peternakan kuda itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang biasanya bertani nenas. Dengan adanya rencana itu, maka ke depannya lokasi ini dapat membuka peluang usaha bagi masyarakat, salah satunya wisata berkuda, kata dia. Ia menambahkan, sejauh ini sudah ada tiga nagari yang sepakat untuk menjadi lokasi sentral kuda tersebut, salah satunya Nagari Tanjung Gadang.

Sumber : www.antarasumbar.com/prov/11/kab-lima-puluh-kota