Lelang Perdana ULP Prov. Sumbar Umumkan 44 Paket Pekerjaan

Artikel () 25 Februari 2016 18:53:13 WIB


Padang – Pengadaan Barang/Jasa lingkup Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Tahun 2016 yang dilaksanakan oleh ULP Provinsi Sumatera Barat telah diumumkan melalui website lpse.sumbarprov.go.id. Paket lelang perdana ini berada pada Satker Dinas Pengelolaan Sumbar Daya Air Provinsi Sumatera Barat dengan 44 paket pekerjaan tayang sekaligus. Proses yang dilakukan oleh ULP ini merupakan percepatan dari pelaksanaan proses pengadaan barang/jasa itu sendiri dan tentunya juga akan mempercepat terealisasinya penyerapan anggaran baik APBN maupun APBD.

Kepala UPTB. Balai LPSE Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Rina Bur menyatakan disamping paket-paket pekerjaan yang tayang melalui website LPSE Sumbar, Penyedia Barang/Jasa kini semakin diuntungkan dengan adanya keterbukaan informasi Rencana Umum Pengadaan (RUP) pemerintah yang selalu termutakhir di situs http://sirup.lkpp.go.id. Informasi RUP ini bisa dimanfaatkan oleh penyedia untuk mempersiapkan  diri dalam mengikuti pengadaan pemerintah. Selain membangun kesiapan dunia usaha, informasi Rencana Umum Pengadaan pemerintah ini juga  menciptakan persaingan usaha yang lebih sehat, siapa pun dapat bebas mengakses laman SIRUP karena informasi telah disediakan secara terbuka.

Menurut Rina Bur, keterbukaan informasi rencana pengadaan pemerintah melalui SiRUP dapat membantu menciptakan sistem pengawasan yang lebih baik, dimana masyarakat dapat ikut serta dalam mengawal  program pengadaan pemerintah.

Melalui SiRUP, mereka bisa melihat paket-paket pekerjaan apa saja yang sedang direncanakan pemerintah daerah masing-masing.  Sistem berbasis web ini memuat detil informasi seperti satuan kerja, lokasi kegiatan, nama paket pengadaan, tanggal pengumuman, sumber dana dan pagu, mata anggaran, metode pemilihan penyedia dan jadwal pelaksanaan pekerjaan.

Dengan adanya lelang berbasis elektronik dan informasi RUP ini tentunya diharapkan para pengguna dapat lebih dimudahkan dalam melaksanakan proses pengadaan maupun dalam memilih dan mengikuti paket-paket pekerjaan yang diinginkan sesuai dengan bidang usaha masing-masing peserta tender.