Satpol PP Se Sumbar Ikuti Latihan Bersama Pengendalian Massa

Satpol PP Se Sumbar Ikuti Latihan Bersama Pengendalian Massa

Berita Utama Admin Satpol PP(Satuan Polisi Pamong Praja) 23 Maret 2016 08:49:19 WIB


Satpol PP Sumbar, Padang --- Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) se-Sumbar mengikuti Latihan Bersama Pengendalian Massa untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) selama 3 (Tiga) hari pada tanggal 21 s/d 23Maret 2016 di Hotel HW untuk materi teori dan Halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat untuk materi praktek. Peserta LatihanBersama Pengendalian Massa ini berjumlah 50 (lima puluh) orang yang merupakan gabungan dari Personil Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Latihan ini bertujuan agar anggota Satpol PP mengetahui dan memahami secara jelas tugas dan kewajibannya sebagai aparat pemerintahan dalam menyelenggarakan Ketertiban umum dan Ketentraman masyarakat serta Penegakan Peraturan Daerah dan Keputusan Kepala Daerah dan memiliki pengetahuan, keterampilan serta dedikasi yang tinggi dalam menganalisa dan memecahkan masalah untuk menciptakan ketentraman dan ketertiban umum serta menjaga aset Pemerintah Daerah.

Kegiatan ini dibuka oleh Plt. Kepala Satpol PP Sumbar (H. Abdul Rahman, SE, MM) dan didampingi Kabid Sumber Daya Aparatur Endang Kurniady, SH (21/3/2016) yang dihadiri oleh Kepala Satpol PP Kabupaten/Kota dan 50 peserta pelatihan.

Pada Pembukaan Pelatihan Pengendalian Massa ini Abdul Rahman mengingatkan bahwa anggota Satpol PP adalah Penegak Peraturan dan menjaga Ketentraman Masyarakat, dalam pembinaan territorial dan peningkatan wawasan kebangsaan, mekanisme penegakan peraturan daerah, pelatihan Dalmas, pelatihan PHH, pelatihan peraturan baris-berbaris dan pengibaran bendera, pelatihan SAR, pelatihan pembinaan jiwa korsa dan kemampuan perorangan.

Untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, Satuan polisi Pamong Praja harus didukung oleh struktur kelembagan yang kuat, sumber daya manusia yang kompeten, sarana prsarana yang memadai serta dasar hukum operasional yang efektif. Sehubungan dengan hal tersebut salah satu rekomendasi yang diberikan kepada Menteri dalam Negeri pada Rapat koordinasi Nasional Satpol PP Tahun 2015 yang lalu adalah memperbanyak penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan teknis maupun fungsional Pol PP serta model peningkatan kapasitas SDM lainnya guna peningkatan kompetensi Polisi pamong Praja.Kegiatan yang kita laksanakan kali ini merupakan implementasi dari rekomendasi tersebut, yaitu melaksanakan pelatihan guna meningkatkan Sumber daya manusia Polisi Pamong Praja, dengan harapan organisasi Satpol PP ini akan lebih maju, lebih professional dalam pelaksanaan tugas pokoknya.

Sementara itu Kabid SDA (Endang Kurniady, SH) mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan anggota serta upaya strategis dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsi. Sasaran kegiatan adalah terwujudnya pelaksanaan tupoksi Satpol PP yang lebih berdaya guna dan meningkatkan kembali kemampuan personil Satpol PP dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Tugas dan tanggung jawab Polisi Pamong Praja didalam mengamankan program-program Pemerintah Daerah khususnya dalam penegakan Peraturan Daerah dan peraturan kepala daerah sangat diperlukan sekaligus memantapkan posisinya sebagai salah satu unit kerja didalam struktur Pemerintah Daerah untuk mendukung suksesnya pelaksanaan program Pemerintah. Meskipun dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya Satuan Polisi Pamong Praja menghadapi permasalahan dan tantangan klasik yaitu opini masyarakat yang negatif, Sumber Daya Manusia yang terbatas, sarana dan prasarana yang kurang memadai serta pemberitaan pers yang tidak seimbang.

“Diharapkan dengan materi dan pembinaan yang diberikan dalam latihan penyegaraan ini anggota Satpol PP Sumbar dapat tampil lebih professional dalam melaksanakan tugas dan fungsinya,”katanya.

(By Novear)