DISPORA SUMBAR GELAR PELATIHAN SIAGA BENCANA

DISPORA SUMBAR GELAR PELATIHAN SIAGA BENCANA

Berita Utama () 14 April 2016 14:26:24 WIB


PARIAMAN,..Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar, melalui Bidang Pengembangan Pemuda, gelar kegiatan Pelatihan Siaga Bencana pramuka penegak tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang dilaksanakan pada tangal 7-10 April di aula BPKB Kota Pariaman.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar H. Priadi Syukur yang membuka kegiatan secara resmi, dalam sambutanya mengatakan, Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesiagaan pemuda dalam menghadapi bencana yang terjadi di daerah masing- masing.

Untuk itu lanjut Priadi Syukur, para pemuda yang ikutserta dalam kegiatan ini, agar memanfaatkan sebaik mungkin, karena tidak semua pemuda mendapat kesempatan menjalani pelatihan yang dijalani hari ini.

“ Kita berharap para peserta dapat menjalani kegiatan ini dengan baik, karena narasumber yang menyampaikan materi merupakan orang- orang yang ahli dibidangnya, dan yang perlu kita tanamkan bahwa selesai kegiatan ini agar ilmu yang diperoleh dapat ditularkan pada teman, serta masyarakat disekitar kita,’’ kata Priadi Syukur.

Panitia pelaksana Kepala Seksi Kepanduan Dispora Sumbar Amrilsyah menerangkan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari Dispora Sumbar, khususnya di Bidang Pengembangan Pemuda. Peserta yang terlibat pada kegiatan ini berjumlah 36 yang berasal dari pemuda dan relawan muda yang berusia 16-25 tahun Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat.

Sedangkan sasaran dari kegiatan ini adalah, untuk meningkatkan peran serta kepemudaan, yang nantinya akan mampu meningkatkan kesiagaan mereka dalam Siaga Bencana.

Sementara itu, Narasumber dalam kegaiatn ini berasal daria Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka, BPBD dan RAPI.

“adapun materi yang disampaikan antara laini, Kebijakan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumbar, Program Bidang Pengembangan Pemuda, Keterampilan Kepramukaan dalam aktifitas siaga Bencana, Sistem manajemen Kedaruratan Logistik dan Sistim Komunikasi dalam bencana Alam,’’ terang Amrilsyah. ( MUL )