Upaya Sinkronisasi, Evaluasi Pelaksanaan Swasembada Pangan

Upaya Sinkronisasi, Evaluasi Pelaksanaan Swasembada Pangan

Berita Utama Jojon(Biro Humas) 28 Mei 2016 10:32:45 WIB


Padang,Diskusi dan koordinasi mengenai pengembangan Pertanian di Sumatera Barat, serta pemecahan masalahnya, yang turut dihadiri Menteri Pertanian, Bapak Andi Amran Sulaiman di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat, Jum'at (27/5) kemaren.

Dalam rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan Upaya Khusus (Upsus) Swasembada Pangan dihadiri seluruh pimpinan daerah, di antaranya Wakil Gubernur Nasrul Abit, Dirjen dan staf dari Kementerian Pertanian, Bupati dan Walikota se-Sumatera Barat, Sekdaprov Sumbar, dan para Kepala Dinas di lingkungan Pemprov Sumbar.

Irwan Prayitno menyampaikan, diskusi ini adakan untuk mensinkronisasi gerak para kepala daerah dan jajarannya serta jajaran Kementerian Pertanian dalam meningkatkan kapasitas produksi petani, dan mendata masalah dan solusi yang bisa disiapkan. “Pemprov membantu pendampingan bagi para petani dan penyiapan infrastruktur serta daya dukung bagi para Penyuluh Pertanian Lapangan,”ucapnya.

Selain itu kata Dia, tak kalah pentingnya penyediaan dan stabilitas harga pupuk dan benih, pendampingan pra dan pasca panen bagi petani, infrastruktur untuk sistem distribusi hasil panen, penanganan hama penyakit tanaman, pembukaan lahan-lahan baru melalui program Lahan Cetak Sawah Baru, serta peningkatan kesejahteraan petani melalui program Tri Arga Model.***