INDAHNYA RAMADHAN

INDAHNYA RAMADHAN

Berita Utama () 16 Juni 2016 08:58:38 WIB


Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, yang didampingi oleh wakil Gubernur Nasrul Abit 15 Juni 2016 di komplek Gubernuran Jalan Sudirman No. 41 Padang memberikan Taudzyiah Indahnya Ramadhan dengan judul “BERBAGI UNTUK SESAMA MANUSIA.” Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari di bulan suci Ramadhan dan Irwan Prayitno sebagai Penceramah tunggal selama Ramadhan berlangsung, acara ini juga disiarkan secara ulang di Padang TV setiap sore menjelang berbuka puasa.

 

Dalam taudzyiahnya IP menyampaikan tentang berbagi untuk sesame sebagaimana dikutip dalam surat Ali Imran tentang Berbagi Untuk Sesama Manusia, dimana berbagi sesame manusia berbagi tidak hanya dalam keadaan senang saja tetapi juga dalam keadaan susah sekalipun kita diwajibkan juga untuk berbagi sesame manusia. Inplementasi dari berbagi sesame manusia adalah bersedekhah dan berinfak, dengan bersedekah membuat harta kita semakin berlimpah. Bapak Gubernur menceritakan pengalaman di lapangan dimana pedagang-pedagang besar di pasar Raya yang sering bersedekah justru rezekinya semakin meningkat, hal itu dapat dilihat dengan bertambahnya toko yang dimiliki oleh sipedagang, setelah diselelidiki ternyata pedagang itu sering bersedekah, berinfak dan selalu mengeluarkan zakatnya. Dimana dengan bersedekah menjadikan harta kita tujuh kali lipat, dan membantu orang sebenarnya adalah untuk diri kita sendiri, baik amalnya maupun pahalanya, dan apabila kita berbuat jelek kepada orang, maka kejelekan itu juga untuk kita. Orang yang suka berbagi hidupnya selalu dilapangkan Oleh Allah. SWT.

 

Ada empat masalah yang harus dilksanakan dalam hidup manusia sebagaimana disampaikan Rasulullah SAW pertama, harus Pemaaf dengan membiasakan menahan amarah, sebab marah hanya menghabiskan energy saja, “janganlah kamu menyimpan dendam sesame manusia”, kedua, selalu mengucapkan salam kepada setiap orang yang ditemui, karena salam adalah doa agar kita selalu sehat dan barokah, ketiga sering berbagi dan bersilaturahmi, dimana silaturahmi dapat menambah umur panjang dan dapat pula menyelesaian semua persoalan, karena ketika bersilaturahmi kita dapat menyampaikan keluh kesah sehingga persolan kita dapat dicarikan solusinya, berbagi dengan sesame atau dengan orang lain, bisa hidup jadi tenang, karena orang yang dikasihi akan selalu menjaga dan mendoakan kita, keempat sebagai umat beragama kita juga diminta untuk melaksanakan shalat malam, dengan shalat malam kita berkomunikasi langsung dengan Allah. SWT dengan khusuk dan penuh hikmah. Demikian Taudzyiah yang disampaikan beliau.

 

Semoga dalam kehidupan kita sehari-hari kita membiasakan hidup berbagi dengan sesame manusia sehingga ada yang kurang dapat subsidi dari yang lebih, dan apa yang disampaikan oleh Bapak Irwan Prayito jadi amal ibadah pula hendaknya disis Allah SWT. Indahnya Ramadhan ini disamping dihadiri oleh Wakil Gubernur juga oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Bapak Bustaviadia dan Kepala Biro Humas Bapak Irwan serta karyawan dan karyawati dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. (by. Akral)