Rider Iran Tunjukkan Tajinya di Tour de Singkarak 2013

Berita Utama () 26 Juni 2013 05:57:55 WIB


Berita 2

Rider asal Iran kembali tunjukkan tajinya pada Tour de Singkarak 2013. Kali ini, Ghader Mizbani Iranagh (TABRIZ PETROCHEMICAL CYCLING TEAM) berhasil meraih “yellow jersey” pada klasemen akhir setelah mengungguli ratusan peserta lainnya dengan catatan waktu total 26 jam 07 menit 55 detik setelah menempuh jarak 1.057 km. Gelar ini didapat dengan cara yang cukup unik, pasalnya selama Etape 1 sampai Etape 7 tak sekalipun ia pernah tampil naik podium pada posisi pertama. Tercatat hanya sekali ia menempati posisi ke-2, yaitu pada Etape 5 yang menempuh rute Sawahlunto – Muara Labuh (138,5 km). Namun berkat kosistensi penampilannya, Ghader berhasil mencatatkan waktu terbaik diatas para peserta lainnya.

Sementara itu, untuk kategori Indonesian Best Rider jatuh ke tangan Rider Tim Nasional Indonesia yang diproyeksikan untuk mengikuti Sea Games 2013 Myanmar, Aiman Cahyadi dengan catatan waktu total 26 jam 22 menit 27 detik. Aiman mengungguli rekan setimnya, Robin Manulang (26 jam 23 menit 05 detik) dan Hari Fitrianto dari CCN Cycling Team (26 jam 23 menit 19 detik).
Dalam perhelatan tahun ini, kekuatan antara peserta tergolong cukup merata. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan 2 Rider asal Sumbar pada Etape 6, yaitu Eko Bayu Nurhidayat (TEAM WTG TUAH SAKATO SUMATRA BARAT) yang berhasil meraih posisi ke-2 kategori Intermediate Sprint pada km 62 di depan Kantor Gubernur Sumatera Barat dan Abdul Gani (BINONG BARU CLUB PESSEL) yang berhasil menempati posisi ke-3 kategori King of Mountain (KOM) pada km 91,5 di Siguntur (183 m, kategori 3).
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Sapta Nirwandar) dalam acara penutupan (09/06/13) menyatakan bahwa Tour de Singkarak merupakan perpaduan antara Olahraga dan Wisata (Sport Tourism) yang harus terus dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya. Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Roy Suryo). Roy berharap untuk tahun-tahun berikutnya agar Kemenpora yang dipimpinnya juga terlibat lebih aktif sehingga terjadi sinergi antara Olahraga dan Pariwisata.

 

34

3

 

berita 3