PELATIHAN DIVERSIFIKASI PRODUK BAHAN BAKU BERBASIS IKAN BAGI IKM SUMATERA BARAT

PELATIHAN DIVERSIFIKASI PRODUK BAHAN BAKU BERBASIS IKAN BAGI IKM SUMATERA BARAT

Industri dan Perdagangan BUDI SETIAWAN, ST, M.Si(Dinas Perindustrian dan Perdagangan) 23 Juni 2016 11:51:15 WIB


PELATIHAN DIVERSIFIKASI PRODUK BAHAN BAKU BERBASIS IKAN BAGI IKM SUMATERA BARAT

Melihat potensi ikan di Sumatera Barat, sudah saatnya kita memberikan bekal dan keterampilan kepada pelaku usaha bagaimana bahan baku ikan dapat dijadikan produk olahan yang bernilai jual yang nantinya dapat meningkatkan ekonomi pelaku usaha tersebut. Pada saat ini produk olahan yang dihasilkan oleh industri kecil menengah adalah berupa makanan olahan kering dan basah yang sifatnya dan bentuknya sangat sederhana dan pengolahan secara tradisional.

Untuk tahun anggaran 2016 Dinas Perindag Provinsi Sumatera Barat melalui dana dekonsentrasi telah melaksanakan kegiatan diversifikasi produk bahan baku berbasis ikan yang bertujuan menberikan dorongan serta dukungan melalui keterampilan teknis bagi IKM Sumbar dalam upaya meningkatkan keterampilan sehingga produk yang dihasilakan mempunyai daya saing dan nilai jual.

Kegiatan ini dibuka oleh   Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat Mudrika yang didampimgi oleh Kabid Industri Agro Irsyad pada hari Senin 16 Mei 2016 di Hotel Plan B jalan Hayam Wuruk No. 28 Padang adapun penyelenggara Pada kegiatan ini Gusriati Kasi. Industri Hasil Laut dan Perikanan.   Kegiatan ini berlansung selama 5 ( lima ) hari dari tanggal 16 s/d 20 Mei 2016 diikuti oleh 25 morang IKM dari kabupaten dan kota se Sumatera Barat

Instruktur adalah Hj. Lismarni dari Kab. Agam serta Cristine Hakim dari Kota Padang yang telah berpengalaman dibidang Ketermpillan Pegolahan produk makanan berbasis ikan.