UPTD PPP SIKAKAP BERSAMA BIDANG KP3K DKP PROVINSI SUMATERA BARAT IKUTI BIMTEK SIMAIL

UPTD PPP SIKAKAP BERSAMA BIDANG KP3K DKP PROVINSI SUMATERA BARAT IKUTI BIMTEK SIMAIL

Kelautan dan Perikanan NONONG HANUGRAH, A.Md(Dinas Kelautan dan Perikanan) 24 Juni 2016 10:00:33 WIB


Sikakap, Juni 2016 dalam rangka upaya memberikan kenyamanan kepada nelayan pada saat melaut dan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan laut, melalui program Direktorat Jendral Pengelolaan Ruang Laut Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia mengadakan pembekalan teknis bagi operator daerah aplikasi SIMAIL. SIMAIL merupakan sistem informasi mitigasi bencana, adaptasi iklim dan lingkungan yang diperuntukkan bagi nelayan dan masyarakat pesisir. Kegiatan ini di ikuti oleh 10 Provinsi termasuk Provinsi Sumatera Barat yang di wakili oleh UPTD PPP Sikakap dan Bidang KP3K Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat.

Pembekalan teknis SIMAIL dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 11 juni 2016 bertempat di Royal Hotel Kota Bogor yang di buka langsung oleh Bapak Dirjen PRL KKP. Menurut beliau kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada masing-masing operator daerah yang tersebar di 10 provinsi yang kemudian menjadi pusat informasi dalam menyampaikan kondisi cuaca, iklim dan kebencanaan kepada para nelayan dan masyarakat pesisir. Selain itu beliau menyampaikan bahwa kehadiran SIMAIL di harapkan memberikan rasa nyaman bagi nelayan pada saat melaut dan mengurangi resiko kecelakaan pada saat berjuang menangkap ikan. Selain pembekalan teknis mengenai pengoperasian aplikasi SIMAIL, peserta juga dibekali mengenai informasi penyajian data oleh BMKG (Bidang Meteorologi Martitim) dan oleh Badan Penelitian dan Obeservasi Bawah laut (BPOL)

Aplikasi SIMAIL bekerja dalam menyebarkan SMS centre kepada nelayan dan masyarakat pesisir dengan menghimpun data cuaca dan iklim yang berasal dari BMKG dan peta perkiraan daerah penangkapan ikan yang dikeluarkan oleh Badan Penelitian dan Obeservasi Bawah laut (BPOL) Kementrian Kelautan dan Perikanan. Dengan demikian nelayan akan mendapatkan informasi secara mudah mengenai informasi cuaca dan iklim serta memberikan peta daerah penagkapan ikan hanya melalui SMS yang masuk melalui handphone.

kedepan, menurut Kepala Bidang KP3K Bapak Ir. Alber Krisdiarto, M.Si di UPTD PPP Sikakap akan di lengkapi Running Text yang akan di pasang di pelabuhan sehingga informasi mengenai informasi SIMAIL juga bisa di akses oleh masyarakat pesisir, nelayan dan umum secara terbuka. Selanjutnya, operator akan bekerja secara intens meng-update informasi cuaca, iklim da peta daerah penangkapan ikan setiap hari kepada nelayan melalui aplikasi SIMAIL.

 

By : Cici Anggara, S.Pi.MP