LKKS Sumbar Serahkan Bantuan Usaha Pada 25 KK Miskin di Padang Pariaman

LKKS Sumbar Serahkan Bantuan Usaha Pada 25 KK Miskin di Padang Pariaman

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 16 Agustus 2016 19:49:29 WIB


Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Sumatera Barat optimis dalam menanggulangi kemiskinan di Sumbar. Sebanyak 25 keluarga miskin yang ada di kabupaten Padang Pariaman mendapatkan bantuan modal pengembangan usaha bagi keluarga miskin (mustahik).

Bantuan senilai Rp50 Juta tersebut diserahkan langsung Ketua LKKS Sumbar, Ny Nevi Irwan Prayitno yang didampingi Ketua Baznas Prov. Sumbar pada acara penutupan kegiatan penguatan peran LKS-Posdaya dalam penanggulangan kemiskinan dan Sustainable Depelopment Goals (SDGs) di Kabupaten Padang Pariaman

“Bantuan modal pengembangan usaha bagi keluarga miskin (mustahik) yang diserahkan kepada 25 keluarga miskin yang ada di kabupaten Padang Pariaman dengan total senilai Rp50 Juta ini bekerjasama dengan BAZNAS Provinsi Sumatera Barat,” sebut Nevi di Aula Saiyo Sakato, Padang Pariaman, Selasa(16/8).

Ia menjelaskan, Posdaya adalah wadah koordinasi kegiatan pemberdayaan keluarga secara terpadu dan berkelanjutan dalam berbagai bidang, terutama pada bidang agama, pendidikan, kesehatan, ekonomi/wirausaha dan lingkungan hidup.

“Dengan pemberdayaan yang dilakukan maka keluarga yang berada di jorong, desa atau nagari yang ada di Sumbar dapat tumbuh secara harmonis dan mandiri. Ini menjadi bentuk kepedulian dari LKKS untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, diantaranya dengan penyaluran bantuan modal pengembangan usaha yang diberikan ini,” ujarnya

Lebih lanjut, Nevi Irwan Prayitno mengharapkan agar bantuan yang diserahkan tersebut dapat dimamfaatkan para penerima dengan sebaik-baiknya. Tak hanya itu, ia juga menginginkan dengan bantuan usaha yang diserahkan pada saat ini, usaha yang tengah digeluti dapat makin berkembang lebih baik.

“Mudah-mudahan bagi mereka yang mendapatkan bantuan ini usahanya dapat berkembang menjadi lebih baik lagi. Dengan ini mereka dapat menyekolahkan anaknya, mampu membangun rumah yang layak huni, dan juga membantu masyarakat miskin lainnya,” jelasnya.

Hal serupa juga disampaikan Ketua LKS Kabupaten Padang Pariaman, Rena Ali Mukhni. Ia menyampaikan terimakasihnya atas bantuan yang diberikan LKKS Provinsi Sumbar yang bekerjasama dengan Baznas Provinsi Sumbar. Untuk itu ia mengharapkan agar para penerima bantuan tersebut dapat mempergunakan sebaik-baiknya untuk memajukan usahanya.

Sementara itu, Ketua Baznas Provinsi Sumbar Syamsul Bahri Khatib juga menyampaikan terimakasihnya atas bantuan LKKS. Sebab dengan pendataan keluarga miskin yang dilakukan LKKS, memudahkan Baznas dalam penyaluran bantuan.

“Kehadiran LKKS dan LKS yang ada di kabupaten/kota di Sumbar ikut membantu dalam menyalurkan bantuan terhadap mustahik ini. Baznas merasa sangat terbantu dalam penyaluran bantuan terhadap keluarga miskin yang ada di Sumbar, salah satunya yang diserahkan kepada masyarakat Padang Pariaman ini. Semoga bantuan berkah dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat yang mendapatkan bantuan,” terangnya.

Tak hanya itu, sebanyak 200 paket Sembako juga dibagikan kepada Mustahik yang ada di Kabupaten Padang Pariaman. Paket sembako  tersebut disponsori oleh brand kosmetik Wardah diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan, bantuan ini merupakan kelanjutan dari 5000 paket sembako yang ditujukan untuk Provinsi Sumatera Barat oleh CSR Wardah Kosmetik.

“Tahun ini CSR Dana Sosial Wardah memilih Sumatera Barat untuk pemberian sembako, dalam masing-masing paket sembako yang dibagikan tersebut terdapat 5 kg beras, gula 2 kg, minyak goreng 4 liter, susu kental manis, sarden, tepung terigu, dan bahan pokok lainnya,” jelas Raidha Hayati selaku Paragon Leader Development Program (PLDP).