Bukit Cambai Bakal Menjadi Destinasi Wisata Sumbar

Bukit Cambai Bakal Menjadi Destinasi Wisata Sumbar

Pariwisata () 31 Agustus 2016 12:00:52 WIB


AROSUKA - Bukit Cambai bakal menjadi destinasi wisata di Sumatera Barat, bukan sebuah keniscayaan. Langkah-langkah ke arah itu telah diupayakan pemerintah Kabupaten Solok bersama kelompok-kelompok pengiat wisata di ranah ini.

Terobosan paling anyar dilakukan dengan melaksanakan kegiatan giat wisata Bukit Cambai melalui perjalanan ekstrim motor trabas di kaki bukit gunung Talang hingga mencapai titik panorama yang paling dicari oleh para pelancong.

Giat wisata Bukit Cambai, diikuti Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dengan tampilan khasnya sebagai kroser motor trail. Gubernur yang melintas di kawasan-kawasan berbahaya dengan wakil Bupati Yulfadri Nurdin dan ratusan kroser lainnya, Minggu (28/8).

Sementara istrinya yang juga ketua TP-PKK Sumbar. Ny. Hj. Nevi Irwan Prayitno menanti di Bukit Cambbai bersama Bupati Solok H. Gusmal dan Ny. Desna Devi, juga hadir anggota DPD-RI H. Nofi Candra, Kapolres Arosuka AKBP Reh Ngenana.

Zuhrizul Chaniago selaku panitia menuturkan, Bukit Cambai merupakan destinasi wisata terbaik setelah Mandeh, Pesisir Selatan. Pihaknya mendorong pemerintah kabupaten dan provinsi melakukan penataan yang lebih serius, agar Bukit Cambai menjadi bagian dari pengembangan kawasan 3D (Danau Diatas, Danau Dibawah dan danau Talang)

Gusmal  menyatakan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah provinsi yang akan menyambut rencana pengembangan wisata kabupaten solok sebagai program pengembangan priwisata di Sumatera Barat.

Kedepan, kata Gusmal, kabupaten solok akan mengeksplorasi destinasi wisata menjadi 3 bagian, seperti kawasan Danau Kembar dan sekitarnya, kawasan Taman Hutan Kota Terpadu (THKT) yang terletak di Arosuka dan kawasan Singkarak dengan puncak Gagoan junjung Sirih sebagai icon wisata setempat.

Terkait program tersebut, Irwan Prayitno mendukung reencana kabupaten solok dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengembangan destinasi wisata akan didorong dengan program yang nyata.

Menadai kegiatan giat wisata Bukit Cambai ini, Gubernur sekaligus menyalurkan zakat dari baznas Provinsi. kepada 10 orang mustahik yang merupakan warga Kecamatan Lembah Gumanti dan Danau Kembar. Gubernur juga didaulat menandatangani prasasti pengembangan objek wisata Bukit Cambai.