Senkudaya Mendukung dan Melayani Warung Kecil Posdaya Sampai Tingkat Desa

Senkudaya Mendukung dan Melayani Warung Kecil Posdaya Sampai Tingkat Desa

Berita Utama Bagian Penerangan(Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat) 26 September 2016 20:02:41 WIB


Padang-- Lembaga Kordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) terus membangun ekonomi produktif di Sumbar, salah satunya dengan membentuk Sentra Kulakan Posadaya (Senkudaya) yang mendukung dan melayani warung kecil milik Posdaya sampai tingkat desa dalam bentuk koperasi yang bertugas membina dan menyuplai kebutuhan warung.

 “Senkudaya bertujuan memfasilitasi warung Posdaya dalam memenuhi kebutuhan warung mereka dan memberikan kredit barang dengan harga grosir, dan menambah lapangan kerja bagi serta bersinergi dengan program pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan,”jelas Ny.Nevi Irwan Prayitno selaku pembina Koperasi LKKS, melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Hidayah Senkudaya LKKS, Gedung Pramuka, Senin (26/9).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kadis Koperasi Prov.Sumbar Zirma Yusri, Ketua Harian LKKS Prov Sumbar Parlagutan Nasution dan Ketua Harian Koperasi Hidayah LKKS Dewi Novita serta 30 orang anggota koperasi yang tergabung dalam posdaya yang ada di kota Padang.

Keberadaan Posdaya di Kota Padang   yang merupakan binaan dari Lembaga Kordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) harus  dapat ikut berperan. Apalagi masih banyak warung kecil di kota Padang yang membutuhkan tambahan modal usaha,”ujarnya.

Menurutnya, hal ini juga yang membuat koperasi LKKS membuka kulakan (grosiran warung)  yang diberi nama Senkudaya ( Sentra Kulakan Posdaya) yang anggotanya tergabung dalam Posdaya yang mana 80% anggotanya telah memiliki usaha warung,

“Koperasi ini diarahkan untuk menyuplai keperluan dagangan yang dibeli dalam jumlah besar setidaknya 150 warung ditingkat desa agar ongkos operasionalnya tertutupi, selain harga yang didapat juga lebih murah” jelasnya.

Nevi berharap Senkudaya menunjang program pemerintah serta bersinergi dalam mengentaskan kemiskinan terlebih lagi Senkudaya memiliki peluang usaha yang cukup menjanjikan .

“Harapan kami Senkudaya ini dapat bersinergi dengan pemerintah dalam program mengentaskan kemiskinan melalui pemberdayaan warung Posdaya serta warung kecil yang ada di Kota Padang,” ungkapnya.

Sampai saat ini warung kecil yang sudah menjadi anggota hampir 300 warung, dan masih banyak lagi yang telah mengajukan permohonan yang belum di tindak lanjuti. Dewi Novita selaku Ketua harian Koperasi Hidayah LKKS, sasaran dari Senkudaya ini adalah Posdaya latar belakang banyaknya warung kecil di kota Padang yang butuh tambahan modal, dan belum ada koperasi yang memberikan pinjaman dalam bentuk barang dengan harga grosir.

“Barang yang kita berikan dengan harga grosir, seperti sembako dan lainnya, koperasi kita yang terletak di komplek mesjid raya mempermudah anggota atau pelanggan kita untuk mengambil barang,” terangnya.

Selanjutnya Kadis Koperasi Prov Sumbar  Zirma Yusri mengapresiasi upaya Ny.Nevi Irwan Prayitno selaku pembina Koperasi Hidayah LKKS dalam mengentaskan kemiskinan serta memberikan bantuan dan pembinaan dalam pemberdayaan warung kecil yang sasaran utamanya adalah Posdaya.

“Kita berterima kasih atas kepedulian dari Ibu Gubernur yang peduli terhadap kemajuan koperasi di Sumbar. Saya berharap para anggota Senkudaya juga dapat lebih serius dalam meningkatkan ekonomi keluarganya dengan memenfaatkan Senkudaya ini,”tegasnya.  (humas/nayu)