Pesta Hoyak Tabuik Kota Piaman

Pesta Hoyak Tabuik Kota Piaman

Wsata Budaya () 06 Oktober 2016 11:19:30 WIB


Pesta Hoyak Tabuik Piaman 2016 merupkan kelender event budaya tahunan yang sudah menjadi kalender event pariwisata sumatera Barat. Tahun 1991 telah menjadi cord event nasional. Kegiatan ini dilaksanakan sejalan dengan perayaan Tahun Baru Hijriyah yang dimulai pada tanggal 1 s/d 10 muharam (20 hari), (02 s/d 16 Oktober 2016 M).

Selama penyelengaraan Pesta Hoyak Tabuik setiap harinya dilaksanakan profesi ritual-ritual tabuik dengan menampilkan peristiwa Perang Pedang Karbala, sebagai simbol kebesaran Cucu Nabi Muhammad Hasan/Hosen, diawal dengan prosesi “Maambiak Tanah, Manabang Batang Pisang, Maarak Jari-jari, Maatam, Maarak Saroban, Tabuik Naiak Pangkek, Hoyak Tabuik dan Pembuangan Tabuik ke Laut.

Setiap malam harinya diadakan acara pendukung berupa pergelaran seni tradisional dan kontemporer dan berbagai atraksi budaya anak nagari.

Pada acara puncak tanggal 10 Muharam(16 Oktober 2016) diadakan upacara serimonial dengan mengundang para tamu dari berbagai komponen tokoh masyarakat baik kampung maupun rantau berkompeten dari pusat hingga daerah.

 

 

Sumber : disbudparkotapariaman