Wirid Pengajian Pegawai Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat (2)

Berita Utama () 23 Juli 2013 07:11:12 WIB


Wirid pengajian disampaikan oleh ustad Drs H Diflaizar dengan judul Ramadhan bulan pendidikan. Ada dua pendidikan yang kita dapat di bulan Ramadhan yaitu :

1. Pendidikan Jasmani

2. Pendidikan Rohani

Pendidikan jasmani adalah puasa membuat kita sehat ini sesuai dengan hadis rasul. Nabi jarang sakit karena beliau gemar berpuasa,  dokter pribadi beliau yang menjaganya tak pernah menemukan nabi sakit. ia bertanya kepada nabi apa sebabnya ia jarang sakit beliau mengatakan bahwa ada 4 kebiasaan yang menyebabkan aku jarang sakit malahan tidak pernah sakit :

1. Makan sebelum lapar

2. Berhenti makan bila terasa kenyang

3. Puasa di bulan ramadhan

4. Puasa pada hari senin kamis.

Pendidikan rohani adalah melatih diri untuk menekan atau melawan hawa nafsu. nafsu adalah sesuatu yang harus dikendalikan kalau tidak ia akan selalu menginginkan kesenangan tapi sifat melanggar perintah Allah. Orang yang memperturutkan hawa nafsu akan terjerumus pada kesesatan seperti perbuatan syaitan. nafsu adalahnya bosnya setan. Firman Allah surat Maryam 59 mengingatkan kita yang artinya "Maka datanglah sesudah mereka, penganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan sholat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan. Oelh sebab itu ramadhan adalah sarana untukmenahan hawa nafsu baik nafsu makan maupun syahwat serta nafsu yang selalu mengajak kepada kemaksiatan.