Gubernur Sumbar bersama Gubernur Riau dan PLN Akan Bahas Waduk Koto Panjang dan Infrastruktur Penghubung Sumbar-Riau

Gubernur Sumbar bersama Gubernur Riau dan PLN Akan Bahas Waduk Koto Panjang dan Infrastruktur Penghubung Sumbar-Riau

Berita Utama Drs. AKRAL, MM(Diskominfo) 08 Mei 2017 07:28:15 WIB


Hal ini disampaikan ketika memberikan sambutan pada pelantikan Gonjong Limo, Gubernur Sumbar menyampaikan "insya Allah saya akan mengadakan pertemuan khusus dengan Gubernur Riau Bpk. Arsyad Juliandi Rachman dan PT PLN (Persero) pada 12 Mei 2017 mendatang untuk membahas persoalan terkait Waduk Koto Panjang, banjir dan kerusakan sejumlah titik di ruas jalan sekitar Perbatasan Sumbar-Riau.

Pertemuan tersebut penting dilakukan guna mengantisipasi terulangnya bencana banjir yang melanda daerah Pangkalan akibat meluapnya Sungai Batang Kampar beberapa pekan silam.

Ada dilema soal Waduk Koto Panjang yang perlu didiskusikan. Kalau waduk dilepas pintunya, Kampar Bangkinang banjir. Kalau tidak dibuka, Pangkalan banjir. Ini yang akan dicari bagaimana jalan keluarnya.

Dalam pertemuan tersebut juga akan membicarakan tentang sejumlah ruas jalan yang amblas di perbatasan Sumbar-Riau.

Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman dalam sambutan di kesempatan yang sama mengutarakan harapannya agar pembangunan infrastruktur penghubung Sumbar-Riau seperti jalan tol dan rel kereta api dapat diselesaikan bersama oleh Pemprov Sumbar dan Pemprov Riau.

"Mimpi kita bagaimana supaya Dumai dan Teluk Bayur tersambung, termasuk juga rel kereta api Riau-Sumbar. Kalau kita keroyok ke Pusat, saya yakin jadi ini." demikian Gubernur Riau mengatakan.

Gubernur Arsyad Juliandi Rachman lebih lanjut memaparkan, untuk mewujudkan mimpi tersebut, Pemprov Riau telah melaksanakan pembebasan lahan di Dumai dan telah berkonsultasi dengan PT KAI.

"Pekan depan, Dirjen Kereta Api akan ke sini (Riau). Kita akan membicarakan hal yang sama".

Menyambut harapan dan ajakan Gubernur Riau ini, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno juga menyampaikan bahwa Pemprov Sumbar juga memiliki harapan dan komitmen yang sama.

Sebagai bukti komitmen, Pemprov Sumbar telah mulai melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan dan telah berkonsultasi dengan Pemerintah Pusat. Dukungan Pemerintah Pusat sudah kami dapatkan. Bahkan telah keluar Keppresnya, kata IP

Menyangkut perkembangan pembangunan rel kereta api Sumbar-Riau, kita  sampaikan juga bahwa " Pemprov Sumbar telah melaksanakan program pembebasan dan pengerasan tanah di Kab. Sijunjung. Jalur ini, sudah tersambung hingga ke Lipat Kain, Kab. Kampar, Riau.
Insya Allah tersambungnya jalur kereta api Sumbar-Riau bisa diwujudkan, demikian pak IP menjelaskan. Semoga.....(by. Akral)