Dokumen Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi dan Kabupaten/Kota Dievaluasi Tim Pusat

Lingkungan CITRA APRO AMOR, S.Si(Dinas Lingkungan Hidup) 08 Juni 2017 10:00:23 WIB


       Mulai tahun 2016 pemerintah memberikan penghargaan Nirwasita Tantra kepada Kepala Daerah yang memiliki kinerja terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya. Untuk proses penilaian pemberian penghargaan tersebut dinilai berdasarkan kualitas Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) yang sebelumnya dikenal sebagai Buku Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD). Yang membedakan kedua dokumen tersebut yaitu Buku SLHD terdiri dari buku data dan buku laporan/analisa sedangkan Dokumen IKPLHD terdiri dari Ringkasan Eksekutif dan Buku utama yang berisikan laporan utama informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah.

     Dokumen IKPLHD Provinsi dan Kab/Kota Sumatera Barat telah disampaikan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 10 Mei 2017 yang lalu. Untuk tahun ini hanya 9 Kab/Kota yang menyampaikan dokumen IKPLHD ke DLH Provinsi dan KLHK. Terbatasnya keikutsertaan Kab/Kota dalam menyusun dokumen IKPLHD ini dikarenakan sempitnya ruang waktu terkait dengan diterbitkannya juknis baru untuk penyusunan dokumen IKPLHD tersebut. Selain itu juga bagi kab/kota yang tidak siap/ terkendala dengan data-data lapangan sebagaimana yang diatur dalam juknis. Adapun 9 Kabupaten/Kota yang dapat menyusun dokumen IKPLHD tersebut sebagai berikut :

  1. Kota Bukittinggi
  2. Kota Pariaman
  3. Kota Padang Panjang
  4. Kota Solok
  5. Kota Payakumbuh
  6. Kabupaten Dharmasraya
  7. Kabupaten Solok
  8. Kabupaten Pesisir Selatan
  9. Kabupaten Pasaman

Menurut informasi yang diperoleh, hanya 23 Provinsi di seluruh Indonesia yang mengirimkan dokumen IKPLHD Provinsi ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, termasuk Provinsi Sumatera Barat. Lebih lanjut dokumen IKPLHD baik Tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota akan dievaluasi Pusat dan untuk IKPLHD terbaik akan diumumkan pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup.