KEPSEK DAN WAKIL BIDANG KURIKULUM SMA-SMK IKUTI BIMTEK PEMETAAN MUTU

KEPSEK DAN  WAKIL   BIDANG KURIKULUM SMA-SMK     IKUTI BIMTEK PEMETAAN  MUTU

Pendidikan () 11 Agustus 2018 11:30:19 WIB


Padang, 6 Agustus 2018

      Kepala sekolah memiliki peranan yang sangat besar terhadap kualitas suatu sekolah. Peran dan tanggungjawab kepala sekolah mampu mempengaruhi guru-guru pada sekolah tersebut.

       Sekaitan dengan hal tersebut Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat beberapa hari yang lalu, Senin ( 6-8 ) melaksanakan suatu kegiatan bimbingan teknis pemetaan mutu dan perencanaan pemenuhan standar nasional pendidikan bagi kepala dan wakil yang membidangi kurikulum SMK dan SMK.

      Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari bertempat  Rocky Plaza Hotel yang diikuti 100 peserta dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs. Burhasman, MM.

      Dalam pengarahannya Kadisdik Drs. Burhasman, MM mengatakan, kepala sekolah  memiliki peran yang sangat strategis dalam peningkatan kualitas, terutama berkaitan dengan upaya pengembangan sekolah dalam memenuhi standar mutu pendidikan nasional. 

     Sementara itu Kepala Bagian Perencanaan selaku ketua pelaksana Drs. Jondri Busafril dalam laporannya mengatakan, tujuan bintek ini adalah agar kepala sekolah dapat menyusun perencanaan dan mengembangkan sekolah melalui penyusunan rencana kerja jangka menengah, anggaran sekolah/rencana kerja tahunan berdasarkan kondisi nyata yang ada di sekolah.

      Dalam kegiatan ini jelas Jondri Busafril, agar  kepala sekolah diharapkan dapat mengelola perubahan dan pengembangan kompetensi guru dan tenaga kependidikan, peserta didik, kurikulum sarana dan prasarana, melaksanakan supervisi akademik serta menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesional guru.

      Sasaran dari kegiatan Bimbingan Teknis Pemetaan Mutu dan Perencanaan Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan ini adalah kepala, wakil yang membidangan kurikulum SMA dan SMK yang sekolahnya belum terakreditasi dan atau memperoleh hasil akreditasi C/B dan sekolah yang akan berakhir masa akreditasinya.

     Bimbingan Teknis ini dilaksanakan dalam dua angkatan dengan peserta  kepala sekolah serta wakil bidang kurikulum SMA dan SMK dengan total peserta sebanyak 200  dengan pemateri serta narasumber dari Direktorat Pembinaan SMA-SMK Kemdikbud, Badan Akreditasi Sekolah Provinsi serta Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. ( By: Pon Siswa, S.Sos/Disdik Sumbar ).