Festik 2018 Digelar di Kota Cirebon

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 13 Desember 2018 17:22:02 WIB


Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi (Festik) 2018 resmi digelar di Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (1/12/2018) setelah dibuka langsung Penjabat Wali Kota Cirebon Dedi Taufik di Graha Pena Radar Cirebon.

"Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi pemersatu bangsa dalam pelaksanaan dan mendukung industri digital," ucap Dedi Taufik dalam sambutannya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), mengagendakan 28 workshop dan 4 seminar yang dilaksanakan secara paralel dan berkesinambungan.

Ketua Pelaksana Festik 2018 Muhammad Arifin mengatakan, pelaksanaan acara berada di dua tempat, yakni di Graha Pena Radar Cirebon dan SMAN 4 Kota Cirebon.

"Tujuan dari Festik untuk mengedukasi, mengapresiasi dan menginspirasi masyarakat terakit pemanfaatan TIK guna mendukung dan meningkatkan kesatuan dan persatuan, serta memperkenalkan perkembangan TIK dan teknologi digital kepada masyarakat," ujarnya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 1-2 Desember 2018 tersebut dihadiri RTIK dari 34 provinsi, 400 pengurus wilayah, cabang serta 98 mitra kerja sama.

Selain menggelar workshop dan seminar, dalam acara yang bertema 'Sehati Ing Smart City' itu juga dimeriahkan pameran produk teknologi seperti start up, aplikasi smart city dan e-commerce.

Produk UMKM seperti makanan, aksesori dan buah tangan juga turut dihadirkan dalam bazar. Uniknya semua pembayarannya dilakukan secara non tunai. Selain itu, juga diadakan penandatangan MoU Relawan TIK dan pondok pesantren tentang Pendampingan Santri Digital.

Turut hadir dalam acara ini Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian & Maritim Kemenkominfo Septriana Tangkari, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Rosarita Niken Widiastuti, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Barat Hening Widiatmoko, serta Kepala Dinasa Komunikasi Informasi dan Statistika (DKIS) Kota Cirebon, Iing Daiman.