Pembukaan Expo IB Vaganza di Padang

Berita Utama Sub Bag. Sarana dan Prasarana(Sub Bag. Sarana dan Prasarana) 24 Oktober 2013 21:50:57 WIB


Gubernur Irwan Prayitno membuka secara resmi acara Pembukaan Ekpo iB Vaganza di Padang, Kamis sore (24/10). Hadir dalam kesempatan itu Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VIII, Direktur Bank Nagari Suryadi Azmi, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah, Ketua ASBISINDO, para pelaku dan elemen Ekonomi Syariah di Sumatera Barat.

Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutanya menyampaikan, kita menyambut baik program IB Vaganza yang dilakukan di Padang saat ini, sebagai rangkaian dalam mensosialisasikan sistem syariah perbankan di Sumatera Barat. Dilihat dari perkapita Sumatera Barat ternyata lebih baik dalam pemanfaatan sistem bank syariah, ini dapat dari data sementara asset perbangkan sudah mencapai 10 persen lebih baik nasional yang baru 4,92 persen, walaupun baru memiliki pangsa pasar 2 persen.

Di Sumatera Barat saat ini telah terdapat 11 Bank Syariah Umum, Unit Usaha Bank Konvesional dan 7 unit BPR, hingga Agustus 2013 mencapai 4,45 Trilun, nilai pihak ketiga berhasil menghimpun 2,2 Triliun dan pembiayaan yang telah disalurkan mencapai 3,9 triliun.

Keberhasilan ini juga didukung oleh budaya ABS-SBK, dimana arti adat Minangkabau berdasarkan syariat Islam, sehingga dapat memicu pertumbuhan perbankan syariah di daerah ini.

Namun sistem dan program bank syariat juga banyak disukai oleh masyarakat non muslim, karena sistem bagi hasil  ini merupakan alternatif yang juga menguntungkan serta mendapat berkah.

Kekuatan lain yang dapat memajukan sistem bank syariah di Sumatera Barat karena UKM-UKM di daerah ini sangat banyak. Dimana penyaluran KUR terbesar juga ada di daerah ini, budaya dan jiwa dagang masyarakat sangat kuat untuk bisa berhasil dengan baik, ungkapnya.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VIII, Mahersyah Emil Akbar menyampaikan, kegiatan IB Vaganza yang kelima dari target delapan kota, memiliki tujuan edukasi dan peningkatan pemahaman masyarakat terhadap bank syariah berjalan baik dan lancar. Perbankan syariah merupakan industri perbankan yang bertumbuh relatif lebih cepat.

Secara rata-rata volume usaha perbankan syariah secara nasional tumbuh 41,6 persen pertahun dalam lima tahun terakhir. Saat ini posisi Agustus 2013, nilai aset yang dikelola 11 Bank Syariah, 24 Unit Usaha Bank Konvensional dan 160 BPR syariah telah melebihi 223,5 Trilun.

Kegiatan IB Vaganza ini juga dilakukan agar masyarakat dapat mengenal lebih dekat perbankan syariah, memahami karakteristik khasnya dan mendorong masyarakat untuk berinteraksi dengan bank syariah, ujarnya.

Kegiatan IB Vaganza ini dilakukan selama tanggal 24-27 Oktober 2013 di Kota Padang, dengan berbagai kegiatan baik lomba. hiburan maupun edukasi perbankan lainnya. (Humas Sumbar)