Batik Khas Minang Bakal Jadi Seragam ASN Pemprov Sumbar

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 11 Maret 2019 08:52:08 WIB


Batik motif Rumah Gadang khas Minang bakal dijadikan seragam ASN Pemprov Sumbar. Hal ini disampaikan oleh Asisten II Setda Prov Sumbar, Benny Warlis, dalam rapat dinas yang dihadiri oleh seluruh Kepala Organisasi OPD lingkup Pemeritah Provinsi Sumatera Barat di Ruang Rapat lt.II Kantor Gubernur Sumbar, Jumat siang (8/3/2019).

"Batik Rumah Gadang ini bercirikan kehidupan masyarakat Minangkabau, baik dari segi budaya maupun kekayaan alamnya. Motif dari batik ini sangat beragam, seperti Kaluak Paku, Itiak Pulang Patang dan lain sebagainya," ujar Benny.

Bahkan, lanjutnya, lebih dari 200 motif batik yang dimiliki oleh masyarakat Minangkabau dan memiliki nilai seni yang tinggi karena dibuat oleh tangan-tangan terampil serta memiliki skill yang tinggi.

Data dari Badan Kepegawaian Daerah Sumbar, saat ini ASN Pemprov Sumbar berjumlah lebih kurang 20.000.

"Tentunya akan memberikan angin segar bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), karena mereka bisa memasarkan produk terbaik yang mereka miliki dan membuat usaha mereka semakin berkembang," jelasnya.

Pemakaian seragam Batik motif Rumah Gadang direncanakan pada tahun ini.

"Semua ASN akan menggunakannya untuk seragam hari Kamis, mengganti pakaian batik bertema nasional," tambahnya.

Diakhir sambutannya Benny Warlis berharap kepada semua OPD agar segera menyusun anggaran untuk merealisasikan rencana ini.

"Selain melestarikan budaya peninggalan nenek moyang kita, juga dapat mempromosikan batik produksi masyarakat Minang ke dunia luar," tutupnya.