KPU Kabupaten Solok Targetkan 77,5% Partisipasi Pemilih

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 31 Maret 2019 03:50:31 WIB


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok, Sumatera Barat menargetkan 77,5 persen partisipasi pemilih pada pemilihan umum serentak 17 April 2019.

Pada hari Kamis tamggal 21 Maret 2019, Komisioner KPU Kabupten Solok Jons Monedidi di Arosuka mengatakan " Sesuai renstra KPURI, kami menargetkan partisipasi pemilih 77,5 persen pada pemilu nanti"

Menurutnya jumlah itu akan sangat mungkin dicapai seiring dengan pelaksanaan pemilu yang dilakukan serentak mulai dari DPRDkabupaten, provinsi, DPR RI, DPD hingga pemilihan presiden.

Kendati demikian, KPU Kabupaten Solok tetap menggencarkan sosialisasi ke tengah masyarakat dengan memanfaatkan berbagai momen dan media. Baik melalui media massa, media sosial maupun secara langsung.

Pihaknya berharap segenap tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama, pemuda dan unsur lainnya untuk mengajak masyarakat menyampaikan suaranya dalam pemilu yang tinggal hitungan hari.Pemilu menjadi bentuk kedaulatan rakyat untuk menentukan wakilnya. Dibandingkan dengan pesta demokrasi Pileg pada 2014 , tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Solok baru mencapai sekitar 70 persen.

 Bupati Solok Gusmal juga menghimbau masyarakat untuk lebih bijak menyikapi berbagai isu dan informasi yang belum jelas kebenarannya. Apalagi saat ini tengah dalam masa kampanye.

"Mari sikapi informasi yang beredar dengan bijak, apalagi yang tidak jelas sumbernya. Jangan mudah percaya dan terpengaruh serta ikut menyebarkan".

Ia berharap masyarakat pada masa sekarang ini lebih bijak dalam menghadapi berbagai isu sehingga bisa memilih pemimpin yang sesuai hati nurani, memiliki rekam jejak yang baik dan menolak politik uang.