Irwan Prayitno - Gubernur Sumatera Barat Mendapatkan Penghargaan dari Perpustakaan Nasional

Berita Utama ROMI ZULFI YANDRA, S.Kom(Dinas Kearsipan dan Perpustakaan) 04 November 2013 09:29:13 WIB


Padang, Gubernur Irwan Prayitno terima penghargaan tertinggi Anugerah Nugra Jasadarma Pustaloka 2013, Kategori Tokoh Masyarakat atas dedikasi dan perhatiannya terhadap pengembangan perpustakaan dan minat baca di Indonesia. Penghargaan ini diberi dalam acara Gemilang Perpusnas 2013 di Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Kepala Badan Perpusatakaan dan Kearsipan Sumatera Barat Alwis menjelaskan, dalam kesempatan yang sama, Gubernur juga mendapat predikat sebagai pembina Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Provinsi Sumatera Barat terbaik. Secara nasional meraih harapan II. Untuk bidang Kerasipan ini, prestasi tersebut sudah luar biasa. Soalnya sumbar mendapatkannya tanpa didukung depo yang memadai untuk menyimpan arsip yang ambruk akibat gempa 30 September 2009. tapi keterbatasan itu tidak membuat Pemprov abai, justru kian semangat untuk membenahi arsip. Gubernur sering mewanti-wanti soal ini.

Pemprov Sumbar juga berhasil mengantarkan Pemerintahan Kota Solok meraih peringkat II nasional, baik sebagai Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) teladan terbaik 2013 oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) maupuin sebagai lembaga perpustakaan terbaik II tingkat nasional oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

Gubernur Irwan Prayitno di sela-sela kesibukan kegiatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-33 mengatakan, penghargaan itu merupakan kebanggaan sekaligus motivasi bagaimana memajukan minat baca dan perhatian terhadap pengeloilaan arsip dan perpustakaan yang baik. Ini adalah untuk ilmu pengetahuan dan pengetahuan sejarah bagi generasi penerus kita. Alhamdulillah kita senang dan bangga, Kota Solok menuai prestasi hebat pula. Kedepan kita berharap pemerintah Kab/Kota juga mampu memberikan peningkatan pengelolaan arsip dan perpustakaan dalam m,endorong minat baca masyarakat.

Menurut dia, gemar membaca sesuatru hal yang amat penting dalam kehidupan. Seseorang yang suka membaca, akan memiliki pengetahuan dan keinginan yang tewrarah untuk hidup lebih baik dari hari ke hari. Budaya gemar membaca juga menjadi cerminan kemajuan kebudayaan suatu bangsa, baik dalam kecerdasan intelelektual maupun kecerdasan dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Irwan juga menyampaikan, budaya masyarakat Sumbar maota, jika dibarengi budaya gemar membaca akan terasa lebih bermakna materi yang diotakan. Wawasan dan kedinamisan pola pikir masyarakat yang mampu menyesuaikan dengan kondisi perkembangan zaman akan membuat masyarakat sumbar memiliki kesempatan memenangkan persaingan global.

Kepada Bupati/walikota se-Sumbar, Irwan mengajak untuk membudayakan gemar membaca di kalangan masyarakat sejak dini sehingga peningkatan sumber daya manusia Sumbar akan terus berkembang secara baik dan mampu menjadi yang terbaik nantinya. Ini juga tidak terlepas dari Sosialisasi, kegigihan kerja keras dan pengelolaan sistim arsip dan perpustakaan. Irwan mendapatkan penghargaan itu, ternyata memiliki sejarah panjang terkait perpustakaan. Sejak dulu sudah diperlihatkan kepeduliannya terhadap perpustakaan. Ketika masih dipercaya duduk di Komisi X DPR-RI, Irwan getol mem-back iup sedunia pendidikan khususnya Perpusnas.

Telah pula melahirkan banyak buku dan tulisan. Menurut Alwis, setelah dilantik jadi Gubernur, Irwan langsung memerintahkan SKPD terkait untuk memindahkan layanan perpustakaan umum dari Tabing, Padang ke pusat kota (kawasan Gor Agus Salim) agar memudahkan pengunjung menjangkaunya. Layanan perpustakaan di Tabing, karena gedung perpustakaan Sumbar ambruk akibat Gempa 30 September 2009 sehingga untuk layanan perpustakaan terpaksa mengontrak gedung lain. Gubernur juga memerintahkan agar segera pula dibangun kembali gedung perpustakaan yang representatif. Tahun ini sudah dianggarkan dalam APBD Sumbar.

Mudah-mudahan 2014 bisa dimanfaatkan. Jelas Alwis. Anugerah Nugra Jasadrma Pustaloka 2013 itu diberikan khusus kepada insan terbaik dan beberapa kategori antara lain buku terbaik, perpustakaan umum Kabupaten/Kota terbaik, lomba bercerita SD/MI terbaik nasional, pustakawan terbaik, tokoh masyarakat, tokoh jurnalis serta media Massa.