DPRD Sumbar dan Wako Padang Panjang Turut Berikan Orasi Keterbukaan

DPRD Sumbar dan Wako Padang Panjang Turut Berikan Orasi Keterbukaan

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 29 September 2019 07:26:00 WIB


Padang, Diskominfo SB

Anggota DPRD Sumbar HM.Nurnas ikut memberikan Orasi Keterbukaan Informasi, saat peringatan Right To Know Day (RTKD) atau Hari Hak untuk Tahu se-Dunia, Sabtu (28/9), di Halaman Kantor Komisi Informasi Daerah Provinsi Sumatera Barat, Padang.

Selaku wakil masyarakat Nurnas menegaskan pihaknya sangat peduli dengan adanya keterbukaan informasi.

“Kami selalu mengupayakan untuk mengawal dukungan anggaran serta dan penguatan peran dan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/ kota se-Sumatera Barat,” tegasnya.

Ia menambahkan bahwa seluruh badan publik harus memiliki persamaan persepsi tentang keterbukaan informasi.

Disamping itu ia juga meminta agar sinergitas antara Komisi Informasi dengan Diskominfo mesti ditingkatkan, mengingat peran dan fungsi yang saling berkaitan.

“Dengan semangat keterbukaan, mudah-mudahan Sumbar menjadi pilot project dalam keterbukaan informasi,” ujar Nurnas.

Orasi keterbukaan informasi selanjutnya juga disampaikan oleh Walikota Padang Panjang, Fadly Amran.

Fadly mengatakan keterbukaan informasi publik di Kota Padang Panjang sudah bisa dirasakan masyarakat saat ini. Masyarakat yang butuh informasi yang benar bukan hoax,  tentang apa saja bisa datang ke Diskominfo Kota Padang Panjang setiap hari kerja.

Dikatakan, Pemko Padang Panjang telah melakukan MoU keterbukaan informasi dengan KI Sumbar, sejak awal dia memimpin kota itu.

“Saat dilantik sebagai Wako Padang Panjang saya maunya clean dan clear governance itu diawali dengan keterbukaan informasi di pemerintahan,” ujarnya.

Ia berharap semasa kepemimpinannya,  Pemko Padang Panjang terbuka kepada masyarakat terhadap apapun bentuk penyelenggaraan pemerintahan.

“Saya siap buka anggaran perjalanan dinas sekali pun,” kata Fadly yang terkenal sebagai salah seorang pemimpin milenial di Sumbar ini.

Peringatan RTKD ini dihadiri antara lain: Komisioner KI Pusat, Cecep Suryadi, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Anggota DPRD Sumbar H.M Nurnas dan Wako Padang Panjang Fadly Amran dan Pejabat Diskominfo Sumbar,  Ketua KI Sumbar Adrian Tuswandi bersama  Anggota dan  PPID Utama Kabupaten/ Kota se-Sumbar.

Masing masing memberikan orasi tentang keterbukaan informasi publik. (MMC Diskominfo)