Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan Dukung Program P4GN.

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 20 Januari 2020 15:13:10 WIB


 

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menyatakan dukungan sepenuhnya atas program P4GN atau Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika. Hal itu diungkapkan Kapuspen yang juga Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar usai mendampingi pertemuan Mendagri dengan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) beserta rombongan di kantor Kemendagari, Jakarta, Senin (20/01)

Sebagaimana dilansir situs kemendagri, Bahtiar mengatakan bahwa Mendagri menyambut baik kunjungan dari Pak Kepala BNN beserta jajaran. Menurutnya hal ini merupakan  hubungan yang sangat baik, dan Mendagri mendukung sepenuhnya apa yang disampaikan oleh Kepala BNN,

Mendagri Tito Karnavian yang juga merupakan Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) ini juag sangat mendukung sinergi untuk menjaga perbatasan yang kerap menjadi jalur penyelundupan narkotika. Mendagri menginginkan adanya sinergi bagaimana unsur-unsur terkait atau lembaga-lembaga terkait di Pos Lintas Batas Negara itu bisa sinergi menjadi tim yang terpadu.

 

Sementara itu Deputi Bidang Pemberantasan BNN RI Irjen Pol Arman Depari mengatakan, pertemuan kedua belah pihak lebih diarahkan pada aspek pencegahan, atau bagaimana menghadapi serangan narkotika dari luar negeri. Pihaknya juga ingin memaksimalkan agar masyarakat supaya mereka terlindung dari penyalahgunaan narkoba itu, salah satunya dengan menjaga perbatasan darat, laut dan udara.

Arman berujar pertemuan tersebut diharapkan Pemerintah Pusat hingga Daerah mulai melakukan pelayanan terhadap masyarakat terkait pelaksanaan assessment berupa rehabilitasi. Terkait rehabilitasi dikatakan Deputi Bidang Pemberantasan BNN tersebut bukan tupoksi dari BNN, sehingga perlu adanya kordinasi baik dari pemerintahan pusat maupun daerah.