PORKOTA PADANG, CABANG OLAHRAGA SILAT DITABUH

Berita Utama () 04 Desember 2013 13:05:29 WIB


  PADANG,…Wakil Ketua umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI ) Kota Padang, Fachri Jamal secara resmi tabuh Kejuaraan Silat, Pekan Olahraga Kota ( PORKOTA ) Padang yang ke II, Rabu 4/ 12 di GOR Bung Hatta jalan Air Pacah Padang.

Hadir pada pembukaan yang sedianya akan dilaksanakan Selasa kemaren, dibatalkan karena Kota Padang diguyur Hujan yang menyebabkan Banjir di lokasi pertandingan tersebut atara lain, Sekretaris umum IPSI Padang Zulhendri, S, Sos, Ketua Pertandingan H. Firdyzon Idrus, Ketua Binpres IPSI Kota Padang Rasydi Sumetry, S.Pd, M.Pd, dan para tua silat Kota Padang.

Menururt Fachri Jamal, Porkota merupakan ajang seleksi sekaligus mencari bibit atlet handal Kota Padang untuk berlaga pada Porprov XIII 2014 di Kabupaten Dharmasraya, namun untuk cabang Olahraga silat sendiri, ini juga merupakan bentuk membumikan silat secara berkelanjutan dan terus menerus sehingga silat akan kembali menggeliat di Kota Padang.

Fachri Jamal juga berharap, dari kejuaraan silat pada Porkota ini akan mampu membangkitkan semangat atlet- atlet yang ada di Kecamatan se- Kota Padang, begitu juga pelatih ( Guru silat ) agar lebih aktif untuk menggiatkan latihan para murid yang ada disasaran masing- masing.

“ Kita berharap Porkota tidak hanya digelar tahun ini saja, tapi hendaknya dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, agar latihan atlet dapat diukur kemajuannya, dan begitu juga para pelatih ( Guru Silat )pun akan lebih giat lagi dalam mendidik muridnya untuk tujuan melahirkan atlet silat berkualitas Kota Padang,’’ kata Fachri Jamal.

Ketua Pertandingan Firdyzon Idrus menerangkan, Kejuaraan silat Porkota 2013 ini diikuti sebanyak 150 atlet dari 11 kecamatan se- Kota Padang, yang akan berlaga pada dua nomor, Tunggal, Ganda, Regu TGR ( Seni ) dan Laga ( Tanding ), dengan rincian antara lain, nomor tanding ( Laga ) 14 kelas diikuti 68 putra dan 41 putri, sedangkan untuk nomor seni yang dibagi dalam 3 kelas diikuti 26 putra dan 28 putri.

“ Kita berharap para atlet mampu menjalani kejuaraan ini dengan baik, karena Nomor pertandingan ini merupakan nomor- nomor yang dipertandingkan pada iven Provinsi, Nasional dan Internasional,’’ terang Firdyzon.

Sementara itu Ketua Umum IPSI Kota Padang Adib Alfikri, SE, M,Si, secara terpisah menyatakan, IPSI Kota Padang sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Padang untuk menggeliatkan PORKOTA, karena secara kasat mata kejuaraan itu sangat berdampak positif bagi kemajuan Olahraga di Kota Bingkuang kususnya Cabor Silat, untuk itu IPSI Kota Padang akan menjadikan PORKOTA ini sebagai salah satu media dalam melakukan seleksi bagi atlet silat Padang kujaga dan kubela,’’ tuturnya. ( MUL/ HEN/ IS )