IRWAN PARAYITNO: KEDEPAN KEJUARAAN KARATE AGAR LEBIH BESAR LAGI DIGELAR

Berita Utama () 03 Mei 2014 04:01:38 WIB


  PADANG,… Gubernur Sumatera Barat Prof.Dr. H. Irwan Prayitno, P.Si, M. Sc, didampingi ketua umum Pengprov FORKI Sumbar Hendra Irwan Rahim secara resmi tabuh Kejurwil Karate, Jumat (2/5) di Hall Stikes Dharmasraya .

Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan, pemerintah sangat mengapresiasi atas kegiatan yang di gelar Dispora bersama pengprov Forki, karena itu kedepan kegiatan karate agar lebih besar lagi dilaksankan dibandingkan saat ini. Dan tentunya keinginan itu hanya dapat terwujut atas dukungan dana dari APBD Sumbar dan Forki sendiri.

"Kegiatan kejuaraan karate bukan tidak mungkin bisa terwujud di tahun 2015. Apalagi Ketua Pengprov Forki Sumbar yang diperkirakan akan terpilih menjadi Ketua DPRD Sumbar periode mendatang, tentu dukungan dana APBD bisa terwujud jika Pengprov dan DPRD dapat saling bekerjasama,"kata Irwan Prayitno.


Ketua Pengprov Federasi Olahraga Karate-do (FORKI) Sumbar Hendra Irwan Rahim menyatakan tekad untuk menggelar kejuaraan karate se Asean sudah lama diapungkan.


Hanya saja pihaknya tentu ingin melihat terlebih dahulu sejauh mana antusias karateka untuk mengikuti kejuaraan yang digelar FORKI Sumbar. Namun setelah melihat pergelaran kejuaraan karate di dua edisi sebelumnya di tingkat Sumbar dan Wilayah Sumatera, dirinya optimis kejuaraan karate se Asean bisa terlaksana.

"Setelah kita lihat di dua edisi sebelumnya yang telah berhasil digelar, kita rencanakan di akhir tahun 2014 menggelar Kejurnas karate tingkat nasional, dan di 2015 kita laksanakan untuk tingkat Asean,"terang Hendra dengan nada optimis.

Ditambahkan Hendra beberapa negara tetangga seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia telah menyatakan minatnya jika Ranah Minang jadi menggelar kejuaraan karate tingkat Asean.

Bahkan, Pengurus pengurus karate di Malaysia sudah mengontak dirinya secara pribadi, agar secepat mungkin melaksanakan niat tersebut,"Pengurus karate Malaysia sudah kontak saya, agar kejuaraan karate se Asean bisa digelar di Sumbar,"ungkapnya.

Melihat tingginya gairah peserta Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) karate se Sumatera yang dibentang dari 2-4 Mei 2014 di Kabupaten Dharmasraya, dengan jumlah peserta lebih kurang 800 karateka yang terdiri dari 45 kontingen provinsi se- Sumatera, Pengprov FORKI dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bertekad bakal menggelar kejuaraan karate se Asia Tenggara (Asean) pada 2015 mendatang. ( M )