Ciri-ciri Ikan Segar Berformalin

Ciri-ciri Ikan Segar Berformalin

Kesehatan Eri Jusnita, ST.(DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN) 14 Maret 2022 16:04:16 WIB


Apa itu FORMALIN??????????

Formalin adalah larutan yang tidak bewarna, berbau tajam yang mengandung lebih kurang 37% Formaldehid dalam air, biasanya ditambahkan Methanol 10-15% sebagai pengawet.

 

Fungsi Formalin
1. Anti septik dan pembersih lantai.

2. Disinfektan.

3. Di Dunia Industri dugunakan untuk pembuatan pupuk, triplek, wallpaper dll.

4. Pengawet sampel biologis dan mayat

 

Dampak formalin pada kesehatan

1. Akut : Efek pada manusia langsung terlihat seperti iritasi, alergi, mata kemerahan, berair, mual, muntah, rasa terbakar, sakit perut dan pusing

2.  Kronik : efek pada kesehatan manusia terlihat setelah terkena dalam jangka waktu yang lama dan berulang : iritasi kemungkinan parah, mata berair, gangguan pencernaan, hati, ginjal, pankreas, system syaraf pusat, menstruasi dan pada hewan percobaan dapat menyebabkan kanker sedangkan pada manusia diduga bersifat karsinogen (menyebabkan kanker). Mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung formalin, efeksampingnya terlihat setelah jangka panjang, karena terjadi akumulasi formalin dalam tubuh.

 

Pengawasan pemakaian formalin terhadap produk perikanan tidak dapat optimal dilakukan terutama terhadap ikan yang berasal dari luar Provinsi Sumatera Barat, karena banyaknya pintu masuk yang tidak terawasi. 

Salah satu cara yang efektif dilakukan adalah menciptakan konsumen cerdas memilih ikan, sehingga ikan yang mengandung formalin tidak akan dibeli sehingga produsen akan berfikir ulang untuk memakai formalin sebagai pengawet produk perikanan.

Untuk menciptakan konsumen cerdas tentu konsumen harus tau cara memilih ikan yang tidak mengandung formalin.