Gubernur Kunjungi PPI Air Bangis

Gubernur Kunjungi PPI Air Bangis

Berita OPD Eri Jusnita, ST.(DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN) 06 Juni 2023 14:20:18 WIB


Gubernur Mahyeldi mengunjungi pelabuhan Pangkalan Pendaratan Ikan Air (PPI) Bangis UPTD PPW II Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat di Air Bangis Kab. Pasaman Barat, Jum’at (2/06/2023).

 

Dalam kunjungan ini Gubernur didampingi Sekda Prov sumbar, Kepala Dinas DKP Sumbar, Kepala BAPPEDA Sumbar,Kepala Dinas Koperasi dan UMKM dan turut hadir juga anggota Dewan dari Pasaman Barat Samsul Bahri mengecek sarana dan prasarana yang ada di kawasan PPI Air Bangis guna memastikan fungsi dari pelabuhan dapat berjalan dengan baik.

 

Gubernur juga mengecek kegiatan bongkar muat ikan yang didapat dari hasil nelayan melaut dan juga mengecek potensi ikan yang ada di Kabupaten Pasaman Barat.

 

Selanjutnya Gubernur memberi arahan pada program yang akan dilaksanakan oleh DKP Sumbar yaitu rencana pengerukan Sungai Batang Sikabau yang bertujuan untuk memudahkan akses bagi nelayan untuk melaut.

 

Selain itu Gubernur memberikan penekanan pada pengelolaan sampah agar tidak dibuang ke laut guna mengurangi sendimentasi di aliran Sungai Batang Sikabau.

 

Pengelolaan sampah juga diarahkan pada Badan Usaha Milik Nagari (BUMNAG) yang diharapkan dapat didaur ulang dan dimanfaatkan kembali tentunya bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat.

 

Dalam kesempatan ini Gubernur juga memberikan apresiasi pada pihak swasta yang akan membangun Docking /bengkel kapal yang akan memudahkan dan menekan biaya perbaikan jika kapal nelayan terjadi kerusakan dan tidak perlu jauh-jauh untuk memperbaiki kapal karena nantinya bengkel kapal ini akan ada di daerah Kabupaten Pasaman Barat.