Kadis PMD Sumbar Buka Bimbingan Teknis Kelompok PKK Angkatan I Tahun 2023

Kadis PMD Sumbar Buka Bimbingan Teknis Kelompok PKK Angkatan I Tahun 2023

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 01 September 2023 16:34:45 WIB


Padang, Agustus

Para kader dan Pengurus PKK harus memadukan gerak langkah dalam menjalankan program-program pemberdayaan masyarakat. Tujuannya hanya satu yaitu mewujudkan keluarga yang sehat, bahagia dan sejahtera.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Amasrul, SH ketika membuka Bimbingan Teknis Kelompok PKK Angkatan I Tahun 2023 di Hotel Rocky Plaza Padang, Senin (21/8/2023).

Menurut Amasrul, kegiatan 10 Program Pokok PKK adalah kegiatan yang berhubungan langsung dengan hidup dan kehidupan masyarakat, dimana untuk keberhasilannya diperlukan pemahaman dan kesamaan pandangan dalam penerapan di lapangan.

"Tidak kalah pentingnya adalah perlunya kerjasama dan sinergitas. Sebagai mitra pemerintah, kader PKK diharapkan dapat bersinergi mewujudkan visi misi Gubernur-Wakil Gubernur 2023-2026 yaitu empat program unggulan Sumbar Sehat dan Cerdas, Sumbar Religius dan Berbudaya, Sumbar Sejahtera dan Sumbar Berkeadilan," harap Kadis Amasrul, SH.

Untuk itu perlu diberikan Bimbingan, pembinaan dan fasilitasi berkelanjutan kepada kader PKK, termasuk kader dasawisma karena pada mereka inilah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program PKK terutama dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan cerdas.

Kegiatan Bimtek Kelompok PKK Angkatan I Tahun 2023 yang diselenggarakan Dinas PMD Sumbar ini diikuti oleh 157 orang dari Kabupaten Sijunjung yang terdiri dari Tim Penggerak PKK Nagari, Kelompok PKK Jorong/Dasawisma dan OPD terkait yang membidangi PKK.

Menurut Kabid Kelembagaan Masyarakat dan Adat Quartita Evari Hamdiana, SKM.MM bahwa nara sumber yang ditampilkan dalam Bimtek PKK ini adalah Dinas PMD Sumbar, Dinas Pangan Sumbar,  Ketua Komisi V DPRD Sumbar H. Daswanto, BNNP Sumatera Barat, Tim Penggerak PKK Sumbar dan praktisi dari Jogja Consultant.

Kata Quartita Evari Hamdiana, untuk memudahkan dalam penghimpunan biodata peserta setiap kegiatan Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan dalam bentuk Bimbingan Teknis, mengingat pesertanya cukup banyak, maka peserta diminta mengisi biodata secara online. Inovasi ini disebut dengan Sibolin Emmas (pengisian biodata online Kelembagaan Masyarakat).

Kepada peserta yang mengikuti Bimtek selama tiga hari, 21-23 Agustus 2023, diharapkan dapat
meningkatkan pengetahuan dan wawasan mereka dalam memperkuat kelembagaan PKK, pelaksanaan 10 Program Pokok PKK dan penurunan angka stunting dinagarinya. (GK)


Berita Terkait Lainnya :