Dipimpin Mendagri, Puncak HUT Ke-74 Satpol PP dan Ke-62 Satlinmas Tahun 2024 Digelar Di Halaman Kompleks Istana Gubernur Sumbar

Dipimpin Mendagri, Puncak HUT Ke-74 Satpol PP dan Ke-62 Satlinmas Tahun 2024 Digelar Di Halaman Kompleks Istana Gubernur Sumbar

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 03 Maret 2024 14:17:09 WIB


Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke 74 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke 62 Tingkat Nasional Tahun 2024 di Sumatera Barat, ditandai dengan Upacara Gelar Pasukan yang dilaksanakan di Lapangan Halaman Kompleks Istana Gubernur Sumbar, Jl. Sudirman, Padang, Minggu (03/03) pagi.

Upacara Gelar pasukan ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian peringatan HUT ke-74 Satpol-PP dan HUT ke-62 Satlinmas Tingkat Nasional yang diselenggarakan mulai dari tanggal 2 s.d 3 Maret 2024 di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

Mengambil tema “Peran Satpol PP dan Satlinmas Dalam Menciptakan Trantibum Linmas Untuk Mendukung Pemilu dan Pilkada 2024”, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI), Tito Karnavian pada Gelar Pasukan ini bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Mendagri arahannya menekankan beberapa hal, diantaranya tentang peran Satpol PP dan Satlinmas selaku tonggak utama penegakan Perda, melindungi dan mengayomi masyarakat. Terutama pada Pemilu 2024 lalu, yang berjalan sukses diantaranya berkat peran Satpol PP dan Satlinmas.

"Pemilu Indonesia paling besar dan paling komplit di dunia yang diselenggarakan hanya dalam satu hari. Kesuksesan Pemilu tersebut salah satunya karena efektifitas tugas Satpol PP dan Satlinmas,"ucap Mendagri.

"Atas nama pemerintah, saya mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan Satpol PP, Satlinmas dan seluruh pembinanya," sambung Mendagri.

Mendagri juga menyinggung soal tenaga Satpol PP non ASN di Indonesia saat ini. Apalagi dengan kemampuan khusus yang dimiliki Satpol PP yang berbeda dengan ASN lainnya, Mendagri menghimbau kepala daerah agar diberikan kesempatan kepada anggota Satpol PP non ASN untuk menjadi ASN atau PPPK.

Selain itu, Mendagri Tito Karnavian juga berharap anggota Satpol PP menjaga integritas dan wibawa dalam menjalankan tugas.

Selesai penyampaian sambutan, Mendagri menyerahkan penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP 2024 kepada sejumlah kepala daerah. Penghargaan pertama diberikan kepada Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi.

Rangkaian puncak peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas nasional di Sumbar ditutup dengan atraksi beladiri dari rekan-rekan Satpol PP Kota Padang Panjang dan Satpol PP Kota Bukittinggi. Kemudian dilanjutkan dengan Atraksi drumband dari IPDN Regional Sumbar, Satpol PP dan Satlinmas.

Turut hadir dalam Upacara Gelar Pasukan Puncak Peringatan HUT Satpol PP ke-74 dan Satlinmas ke-62 di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, sejumlah pejabat diantaranya Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, serta bupati dan walikota se-Sumatera Barat dan daerah lainnya serta Kepala Satpol PP se-Indonesia.(doa/Diskominfotik Sumbar)