Buka Rakerda RAPI 03 Sumbar, Gubernur Minta Maksimalkan Kemampuan TRC, RR, Bankom dan Jarkom

Buka Rakerda RAPI 03 Sumbar, Gubernur Minta Maksimalkan Kemampuan TRC, RR, Bankom dan Jarkom

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 04 Maret 2024 20:57:27 WIB


Kepala Dinas Kominfotik Sumbar yang diwakili Kepala Bidang IKP Indra Sukma, membuka pelaksanaan Rapat Kerja Daerah Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) 03 Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2024, yang dilaksanakan di Hotel Grand Malindo, Kota Bukittinggi, Sabtu (2/3) dengan tema Mengoptimalisasi Kepengurusan Organisasi Dalam Rencana Kerja Nyata Demi Kemajuan RAPI 03 Sumatera Barat Kedepan.

Indra Sukma, dalam kesempatan tersebut menyampaikan sambutan tertulis Gubernur Sumbar, mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya Rapat Kerja Daerah Daerah Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) 03 Provinsi Sumatera Barat adalah untuk mengevaluasi program kerja pengurus daerah RAPI Provinsi Sumbar dan merencanakan program kerja lanjutan.

Menurut Indra, sebagai lembaga sosial, RAPI sangat perlu untuk menata Kembali setiap elemen pendukung organisasinya. Dalam Organisasi RAPI ada TIM Reaksi Cepat (TRC), ada Rapi Raider (RR), ada Bantuan Komunikasi (Bankom) dan ada juga Jaringan Komunikasi (Jarkom). 

"Kesigapan dan kemampuan TRC, RR, Bankom dan Jarkom tentunya akan dapat maksimal, jika organisasi yang menaunginya berada dalam kondisi yang maksimal,"kata Indra.

Ditambahkan, kehadiran RAPI di tengah-tengah masyarakat sangat penting artinya. Kebakaran hutan, banjir dan bencana lainnya memerlukan kehadiran RAPI untuk menyampaikan berita yang akurat tentang keadaan yang sebenarnya. Jaringan telekomunikasi masih belum dapat dijangkau di beberapa daerah di Sumatera Barat. Untuk itu peran RAPI dalam membantu komunikasi sangat diperlukan.

"Radio Komunikasi memiliki peranan penting dalam kondisi kebencanaan di Indonesia. Bahkan untuk di Sumatera Barat, waktu bencana itu terjadi hingga beberapa waktu setelah bencana, tidak sedikit relawan dari Anggota RAPI yang berpartisipasi aktif dalam memberikan bantuan, dan  Frekwensi RAPI menjadi pusat Informasi,"ungkap Indra.

Diharapkan, melalui Rakerda RAPI kali ini, dapat disusun sebuah Rencana Strategis dan Program Kerja yang akan ditindaklanjuti dengan Program Jangka Pendek, Menengah dan Panjang, sehingga kita akan dapat begandengan tangan dalam melaksanakan Pembangunan Sumatera Barat secara konsekuen dan berkesinambungan.(doa/Diskominfotik Sumbar)