Gubernur Mahyeldi Dampingi Menko PMK Kunker ke Sijunjung

Gubernur Mahyeldi Dampingi Menko PMK Kunker ke Sijunjung

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 27 April 2024 07:21:59 WIB


Gubernur Sumatera Barat (Sumbar] Mahyeldi mendampingi Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia Muhadjir Effendy, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sijunjung, Jumat (26/4/2024)

Pada kunjungan yang bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang dipusatkan di Provinsi Sumatera Barat tersebut, Menko PMK melakukan serangkaian agenda. Diantaranya dialog nasional serta meresmikan Gedung Dakwah Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif.

Menko PMK bersama Gubernur Mahyeldi bertolak ke Sijunjung dari Kota Padang menggunakan helikopter dan langsung menuju Masjid Agung Muaro Sijunjung untuk melaksanakan shalat Jumat.

Usai shalat Jumat, Menko PMK yang juga salah seorang pimpinan Pusat Muhammadiyah tersebut menggelar dialog kebangsaan dalam balutan Silaturahmi Syawal Muhammadiyah Sumbar di Gedung Pancasila.

Dalam sambutannya, Muhadjir mengagumi karakter dan pemikiran Buya Syafii Maarif yang merupakan putra asli dari Sumpur Kudus, Sijunjung. Menurutnya, Buya Syafii telah mendedikasikan hidupnya dengan turut membangun bangsa melalui pendidikan. 

"Jejak perjalanan Buya Syafii pernah saya telusuri dan ternyata setelah merantau dari Sijunjung, dimulai dengan mendirikan sekolah di Bima," kata Muhadjir.

"Luar biasa jejak langkah beliau. Sebenarnya banyak sekali kader-kader dari Minang yang dikirim ke seluruh daerah untuk berdakwah. Bahkan, pendiri Muhammadiyah pertama di Malang merupakan orang Minang," ungkap Muhadjir.

Muhadjir berharap kedepan akan semakin banyak kader Muhammadiyah dari Ranah Minang, bisa berkiprah.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengucapkam selamat atas peresmian Gedung Dakwah Muhammadiyah Sijunjung dan sekaligus mengapresiasi fasilitas yang memiliki amal usaha untuk menjual berbagai kerajinan.

"Mudah-mudahan hadirnya amal usaha ini bisa lebih berkembang, memajukan UMKM Sijunjung dan menjadi pusat UMKM yang sudah bersertifikasi halal. Sukses untuk amal usaha Muhammadiyah," ucap gubernur.

Sebelumnya, pada saat jamuan makan siang di rumah dinas Bupati Sijunjung, Menteri Muhadjir juga menyerahkan bantuan logistik dan perlengkapan serta dana operasional penanganan darurat bencana Kabupaten Sijunjung.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir menyampaikan terimakasih atas bantuan tersebut. Menurutnya, bantuan tersebut akan sangat besar artinya untuk penanganan bencana di Sijunjung

"Terimakasih, bantuan ini sangat besar artinya. Menjadi pengobat dan membawa kebaikan bagi masyarakat " ujar Bupati.

Turut hadir mendampingi Menteri Muhadjir dalam kunker ke Sijunjung, yakni Deputi 3 BNPB, Deputi 2 Kemenko PMK, serta Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar, Bachtiar.(doa/Diskominfotik Sumbar)