28 ATLET SUMATERA BARAT IKUTI KEJURNAS SILAT

Berita Utama () 10 Mei 2014 02:07:46 WIB


  PADANG,…Meraih prestasi dalam keterbatasan sangat patut dibanggakan, kata Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Provinsi Sumatera Barat, Adib Alfikri, SE, M.Si, pada sesi pelepasan atlet silat Pengprov Ikatan Pencak Silat ( IPSI ) Sumbar Juma’t 9/ 5 di Kantor Dispora Sumbar, dalam rangka mengikuti Kejuaraan Nasional ( Kejurnas ) di Jakarta.

Hadir pada pelepasan itu Sekretaris umum IPSI Sumbar Muasri, manejer tim Kepala Seksi Olahraga Prestasi Rasydi Sumetry, S.Pd, M.Pd, Kasi Olahraga Pendidikan Elvis Martin, S. Pd, Kasi Tenaga Keolahragaan Drs. Admondantes, dan Tuo Silek H. Ongga

Meski dalam financial lanjut Adib Alfikri, tim silat Sumatera Barat mengalami keterbatasan, tetapi jangan jadikan itu alasan untuk tidak meraih prestasi, dan sebaliknya jadikan keterbatasan tersebut sebagai pelecut semangat menjadi pesilat terbaik pada iven yang diikuti nanti. Buktikan silat sebagai salah satu cabor andalan Tuah Sakato yang akan terus menjadi budaya kebanggan di Sumatera Barat.

Namun dibalik semua itu ungkap Adib Alfikri, selain daerah prestasi itu secara nyata akan mengangkat martabat bagi diri pribadi yang meraihnya, untuk itu jadilah yang pertama merengkuh prestasi pada kejurnas yang dijalani itu.

“ kita berharap para pesilat dapat meraih prestasi pada helatan kejurnas yang diikuti, dan yang pasti prestasi itu akan bermanfaat bagi diri perainya serta berdampak baik bagi daerah,’’ urai Adib Alfikri mengingatkan.

Sekretaris Umum IPSI Sumbar Muasri mengaku, sangat mengapresiasi Dispora ( Pemerintah ) Sumatera Barat atas kepeduliannya dalam memajukan olahraga diranah minang, itu terlihat dari bantuan biaya yang diberikan dalam memberangkatkan tim walaupun tidak semuanya, namun itu telah mampu memberikan semangat bagi IPSI Sumbar. ,‘’ kita akui bantuan pemerintah, telah menambah semangat IPSI Sumbar untuk mingirim atlet berlaga dikejurnas, karena kejurnas tersebut merupakan barometer bagi atlet silat Sumbar untuk berlaga pada Multi Iven Nasional selanjutnya seperti, Porwil 2015 dan PON 2016 ,’’ ungkapnya.

Manejer tim Rasydi Sumetry menerangkan, tim silat sumbar yang akan menjalani kejurnas dari tanggal 10 sampai 19 Mei, berjumlah 34 orang dengan materi 28 atlet, 16 putera, 12 puteri serta 4 official dan 2 pelatih.

Sedangkan nomor pertandingan yang diikuti sebanyak 6 nomor, antara lain ganda putera puteri, tunggal putera puteri, dan beregu putera puteri.

Sementara untuk pembiayaan, oleh Dispora Sumbar sebanyak 8 orang, Semen Padang 6 orang dan selebihnya didanai Pengprov IPSI Sumatera Barat serta pihak lain, ‘’ tuturnya. ( M )