1.264 SISWA SMA/SMK SE-SUMBAR IKUTI GERAK JALAN TEPAT WAKTU

Berita Utama () 10 September 2013 03:41:17 WIB


PADANG,…Selain upacara bendera Hari Olahraga Nasional ( Haornas ) yang jatuh setiap 9 September juga dimeriahkan dengan lomba gerak jalan tepat waktu, Minggu 8/9 yang dimulai dari halaman Kantor Gubernur jalan Sudirman menuju jalan Katib Sulaiman berlanjut ke jalan Ulak Karang Padang, lolong makam pahlawan, seterusnya ke jalan Veteran, jalan A.Yani dan Finis kembali Ke Halaman Kantor Gubernur Sumatra Barat.

Gerak jalan yang dibuka Sekretaris Daerah Provinsi Sumatra Barat Ali Asmar, didampingi Kadispora Sumbar Priadi Syukur, Kabid Dinas Pendidikan Bustafidia, Sekretaris Adib Alfikri, Kabid Pembudayaan Olahraga Rafli Effedi, Kabid Pembibitan Olahraga Astronel dan Kasi Olahraga Rekreasi Dispora Sumbar Maswar ini, diprakasai Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) provinsi Sumatra Barat Bidang Pembudayaan Olahraga yang dikoordinir Seksi Olahraga Rekreasi, bekerja sama dengan Dispora dan KONI se-Sumatra Barat.

Dalam arahannya Sekda Prov.Ali Asmar mengatakan,Lomba gerak jalan ini merupakan salah satu cara memeriahkan Haoranas, selain itu gerak jalan ini juga sebagai ajang menunjukkan kemampuan, fisik dan mental yang tangguh bagi pemuda ( Siswa SMA/SMK ), serta sebagai ajang memupuk sportifitas dalam berolahraga, bukan sebagai ajang mencari menang.

“Kita berharap para siswa selama menjalani perlombaan agar dapat menjaga sikap dan tetap menjunjung sportifitas, karena lomba gerak jalan ini bukan sebagai ajang mencari menang, ‘’kata Ali Asmar.

Ketua Panitia Kepala Seksi Olahraga Rekreasi Dispora Sumbar Maswar menerangkan, lomba gerak jalan tepat waktu ini merupakan agenda tahunan pemerintah Provinsi Sumatra Barat dalam menyambut Haornas, untuk tahun 2013 lomba gerak jalan tepat waktu diikuti peserta sebanyak 1.264 siswa SMA/SMK dari kabupaten dan Kota se-Sumatra Barat yang terdiri dari 37 grub putra, 42 grub putri ( 1 grup 16 orang ).

Sedangkan total hadiah yang diperebutkan yakni, Rp 73. 955. 000 dengan rincian juara I Rp. 12. 355. 000, peringkat II Rp. 8 juta, dan III Rp. 7 Juta, serta juara harapan I Rp.4,5 juta, II Rp. 3 juta dan harpan III Rp. 2.122. 500 untuk masing – masing juara grub putra maupun grub putri.

“ Selain tepat waktu kategori juara juga ditentukan berdasarkan kerapian dan kedisiplinnan selama menjalani lomba mulai dari Star sampai Finis, ’’ pungkas Maswar .

Untuk penyerahan hadiah bagi pemenang akan dilakukan setelah upacara bedera, senin 9/9 di halaman Kantor Gubernur Sumatra Barat.