Wagub Jamu Peserta OSN Tingkat Nasional

Berita Utama () 23 Mei 2014 04:56:31 WIB


Penyelenggaraan OSN diharapkan dapat memotivasi, menjadi ajang bertukar pikiran sesama pelajar, mengenal adat istiadat, budaya serta saling mengenal satu sama lain antar anak bangsa di seluruh Nusantara. Demikian disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim ketika jamuan makan malam kontingen OSN di Istana Gubernur, Senin malam (19/5).

"Bagi anak-anak kami yang baru datang, kita dapat mengenal wilayah Indonesia, khususnya Sumatera Barat. Menurut kami alam yang cukup indah, adanya panorama, danau serta budaya yang kita kenal dengan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah dan terkenal dengan masakan Padangnya," cakapnya.

Di Sumatera Barat, kata Wagub lagi, banyak lahir tokoh-tokoh nasional yang punya andil besar dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Diantaranya, Muhammad Hatta, Tan Malaka dan lainnya. Mereka harus dijadikan motivasi peserta OSN agar nantinya dapat pula menjadi pemimpin bangsa.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat, Suwirpen Suib, Kasubdit Kelembagaan Direktorat Pembinaan SMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kadinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Syamsurizal dan guru pendamping peserta OSN.

Sementara itu, Suwirpen Suib menyampaikan, peserta yang berada di Sumbar punya kenangan sendiri terhadap daerah ini. Semoga acara ini menjadi acara yang terbaik di Sumbar, menjadi yang terbaik tetapi belum berhasil, ini cita-cita yang tertunda, semoga tahun datang menjadi peserta yang terbaik.

Sebagaimana diketahui, Sumatera Barat ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tingkat nasional tahun ini, yang dilaksanakan tanggal 15 hingga 21 Mei 2014. Sebanyak 396 peserta mengikuti empat jenis lomba yang dipertandingkan, yakni matematika, fisika, biologi, dan IPS.

Pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) yang menjadi pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2014 yang digelar di Padang akan mewakili Indonesia ke ajang olimpiade tingkat internasional.


Kontingen Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan utusan yang terbaik dari sekolahnya, mereka adalah orang pilihan yang datang di Sumatera Barat, khususnya di Padang dalam rangka melaksanakan suatu ivent yaitu OSN yang di percaya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, untuk itu Pemprov Sumbar memberikan apresiasi yang sangat luar biasa sekali