Gubernur Buka Acara Fasilitasi Inovasi Aparatur Daerah

Berita Utama () 23 Mei 2014 05:02:01 WIB


Gubernur Irwan Prayitno membuka secara resmi acara Rapat Fasiltasi Inovasi Aparatur Daerah Se Sumatera Barat yang digelar di Hotel Pangeran City Padang, Senin (19/05). Acara ini diikuti oleh 50 orang peserta terdiri dari seluruh Kepala Bagian Organisasi dan Pejabat Eselon III yang membidangi Media Centre dari 19 kabupaten/ kota se Sumatera Barat. Fokus acara ini lebih kepada penerapan dan pengembangan e – Goverment atau Pelayanan yang berbasis IT kepada masyarakat.

Pada kesempatan tersebut hadir Asisten Adminitrasi Umum Setda Prov Sumbar, Kepala Biro Organisasi Setda Prov Sumbar, Kabag Tatalaksana Biro Organisasi, para nara sumber Kepala Asisten Deputi Pelayanan Publik Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Kepala Dinas Informasi Komunikasi Kota Surabaya.

Dalam sambutannya Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, dalam konteks pemerintahan dan masyarakat itu seringkali muncul permasalahan disebabkan oleh minimnya informasi yang diterima oleh masyarakat. Padahal, masyarakat sering melewatkan informasi tentang performa apik instansi pemerintah dan kontributif terhadap pembangunan masyarakat.

Akibatnya,di mata masyarakat, kinerja pemerintah beserta aparaturnya masih dianggap kurang bermutu, atau bahkan tidak bermutu karena menghambur-hamburkan uang negara, dan lama waktu yang di butuhkan untuk pelayanan.

Oleh karena itu, di saat kemajuan teknologi informasi yang semakin agresif ini, instansi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat beserta Pemerintah Kabupaten/Kota Se Sumatera Barat dituntut lebih intensif agar menggunakan teknologi sebagai media image building.

"Sebagaimana diketahui, masyarakat kita telah siap dengan berbagai perkembangan teknologi informasi, dimana jumlah pengguna teknologi informasi mengalami peningkatan tajam melalui berbagai gadget, seperti telepon seluler cerdas, TV, tablet, komputer PC, radio, dan lainnya," ujar Gubernur.

Dikatakan Gubernur, Pemprov telah melakukan Inovasi dalam setiap unit kerja, karena Pemprov akan berusaha hingga benar-benar tercipta sebuah pelayanan publik yang prima, sehingga kedepan semua pelayanan akan ada standar diantaranya menyangkut masalah biaya, waktu, serta syarat adminitrasi yang akan dibublikasikan, sehingga masyarakat tidak kesulitan dan menghindari pungli ketika harus meminta dilayani, semisal pembuatan ijin usaha atau pelayanan lainnya.

“Dan hal ini telah kita lakukan di seluruh SKPD Pemprov Sumatera Barat, malah ketika kunjungan Ketua Ombudsman Republik Indonesia ke Sumatera Barat menyampaikan bahwa Sumater Barat termasuk salah satu Provinsi yang mendapat peringkat lima besar terbaik dalam memberikan pelayanan publik,” tambah irwan.

Irwan Prayitno juga menyambut baik, dengan menyampaikan apresiasi kepada Biro Organisasi dengan diadakannya acara ini diharapkan semakin memotivasi para peserta untuk lebih mengembangkan pelayanan publik yang berbasis IT di Kabupaten/ Kota mereka masing-masing. Apalagi dengan Nara Sumber Kepala Dinas Kominfo Kota Surabaya yang Media Center mereka terbaik di Indonesia malah se Asia Pasific. Kita bisa mengambil ilmu dan menjadikan Kota Surabaya sebagai contoh untuk diterapkan di daerah masing-masing

Untuk itu diharapkan dukungan dan perhatian seluruh Bupati Walikota se Sumbar dalam penerapan aplikasi ini nantinya, mulai dari pengadaan Hardware, Software dan yang terpenting SDM personil yang akan membidangi Media Center.

Dalam waktu dekat diharapkan tercipta hubungan kerjasama antara Kota Surabaya dengan Pemprov Sumbar dan Kabupaten/Kota se Sumbar dalam penerapan dan pengembangan aplikasi IT di Sumbar untuk terciptanya pelayanan prima kepada seluruh lapisan masyarakat.