Ninik Mamak Harus Berperan Di Nagari

Berita Utama () 19 Agustus 2014 01:43:58 WIB


Padang Pariaman-----Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim ingatkan masyarakat nagari Toboh Gadang Kebupaten Padang untuk tidak menghambat pembangunan. Tanah yang sejengkal untuk kepentingan pembangunan dipertahankan, ini memang tidak mendukung program pemerintah, kapan lagi daerah kita akan maju dan berkembang.

“ tanah yang sejengkal di pertahankan akhirnya pembangunan terhalang, ini merupakan peran ninik mamak di nagari. Ninik mamak dan kaum haruslah punya hubungan yang bagus sehingga apapun pembangunan yang ada di nagari pasti berjalan lancar” ungkap Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim Datuak Sinaro Basa ketika memberikan sambutan Batagak Gala Drs.Syahrial Idrus,Msi sebagai Datuak Rajo Mulie dari suku panyalai di Toboh Gadang Padang Pariaman, Jumat (8/8).

Ditambahkannya, ninik mamak banyak yang jadi wali nagari ini karena kepercayaan yang di dahulukan salangkah di tinggikan sarantiang, namun tidak tertutup kemungkinan ninik mamak mendominasi menjadi anggota DPRD di daerah Padang Pariaman.

Sementara itu, guna memperkuat kedudukan yang punya legitiminasi seorang Ninik Mamak atau Panghulu Kaum tentu perlu di adakan acara Batagak Gala seperti yang dia adakan saat ini. Legitiminasi ini memperkuat kedudukan seorang Panghulu dalam nagari” tegas Muslim Kasim

Lebih lanjut ditambahkan, Pemerintah provinsi sumatera barat sangat memberikan perhatian ke daerah Padang Pariaman, disini banyak proyek- proyek strategis baik yang sedang di kerjakan maupun yang telah dilaksanakan, seperti normalisasi batang mangor, batang anai, sekolah perikanan, SMK cendikia dan sebagainya.

Dengan berperannya ninik mamak di nagari ini sangat membantu pemerintah dalam membantu pembangunan, batagak panghulu meruapakan budaya yang patut kita lestarikan ini mempunyai nilai adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Sehingga peran ninik mamak dapat memajukan nagari dan bangsa ini, ujar Muslim Kasim.

Ikut hadir pada kesempatan itu, Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni, Kepala Badan Kesbangpol Irvan Khairul Ananda, Pengurus LKAAM Sumatera Barat,

(Humas Sumbar)