SUMATERA BARAT TUAN RUMAH PUNCAK KEGIATAN “LINTAS KHATULISTIWA”

Berita Utama () 01 September 2014 10:15:14 WIB


 PADANG,...Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui, bahwa di Provinsi Sumatera Barat tepatnya di Kabupaten Pasaman ( Bonjol ) dilewati garis khatulistiwa, Eguator ( garis lintang 0 derajat ), seperti Provinsi Kalimantan Barat ( Pontianak ) yang telah dikenal sebagai daerah yang tepat berada di zero latitude ( khatulistiwa ) serta daerah lainnya seperti Papua Barat dan lain- lain.

Dengan dipercayanya Sumatera Barat sebagai tuan rumah dari puncak kegiatan “Lintas Khatulistiwa ( Linwa ) “ oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ) RI, merupakan satu kehormatan dan sebagai promosi yang patut kita pergunakan dan sekaligus menjawabnya dengan kerja keras secara bersama- sama agara kegiatan tersebut berjalan dengan sukses.

Kata kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumatera Barat H. Priadi Syukur, SH yang didampingi Sekretaris Adib Alfikri, SE, M.Si pada rapat persiapan dengan Bidang, Seksi serta dinas Kabupaten dan Kota terkait, Senin 1/ 9 di Padang.

Kadispora juga menekankan, sebagai kepercayaan dan tanggung jawab selayaknya kita saling bahu membahu mengerjakannya, karena itu semua yang dibutuhkan dalam alek Nasional ini agar di persiapkan secara matang. Jangan sampai kegiatan ini berjalan secara asal- asalan, namun mulai dari persiapan awal sebutlah itu baliho, spanduk dan embel- embel yang menandakan kegiatan ini ada agar dapat dipajang sepanjang jalan, supaya dapat dilihat oleh masyarakat Sumatera Barat secara utuh.

Priadi Syukur juga mengingatkan, kegiatan ini diyakini akan dapat mendongkrak wisata dan sekaligus mampu menambah pendapatan ekonomi rakyat dari penginapan, belanja sovenir, belanja oleh-oleh dan lain- lain.

“kita berharap semua yang terlibat dalam kegiatan ini agar bekerja keras dengan hati yang iklas, karena nama baik Sumatera Barat tertumpang pada keberhasilan kegiatan ini,’’ harap Priadi Syukur.

Sekretaris Adib Alfikri menerangkan, kegiatan ini merupakan program kerja dari Kemenpora RI, dan Dispora Sumatera Barat sebagai liding sektornya. Untuk rangkaian kegiatan akan di laksankan mulai 22 sampai 24 september 2014.

Sementara kabupaten kota yang akan ditunjuk sebagai tempat kegiatan antara lain, Kota Padang dengan kegiatan pemberian penghargaan kepada empat Gubernur dari Papua Barat, Kalimantan Barat, Maluku Utara dan Sumatera Barat serta penghargaan untuk Bupati dan Walikota daerah yang dilalui Linwa.

Kemudian Kota Bukittinggi kegiatan yang dilaksanakan antara lain, Makan Bajamba di salah satu rumah pemuka adat, olahraga masal ( Sepatu panjang, Panjat Tebing dan lain-lain ) di lapangan Kantin, Pramuka ( Api unggun ) di ngarai Sianok.

Sedangkan acara puncaknya akan dilaksanakan di kabupaten Pasaman pada pukul 12. 00 Wib detik-detik di lewati Eguator. ( M )