Lawan nyeri sakit gigi dengan mengunyah cengkeh

Berita Utama Indra, S.Kom(Dinas Kesehatan) 23 Januari 2015 00:35:59 WIB


Merdeka.com - Indonesia merupakan negara yang menghasilkan banyak ragam rempah-rempah. Selain mampu digunakan sebagai bumbu masak, rempah-rempah nyatanya juga mampu menjaga serta meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Salah satu jenis rempah yang paling umum digunakan adalah cengkeh. Menurut beberapa penelitian, si kecil ini ternyata menyimpan manfaat ajaib untuk kesehatan Anda.

Seperti dilansir dari dailymail.co.uk, cengkeh mampu mengusir nyeri akibat sakit gigi yang menyebalkan. "Cengkeh dan minyak cengkeh mengandung sejumlah keajaiban untuk melawan nyeri sakit gigi seperti memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan bersifat anestesi," ujar Dr Charlie Ferber, seorang dokter gigi di Inggris. "Hal ini menjadikan cengkeh sebagai pengobatan murah dan mudah untuk mengobati sakit gigi meskipun hanya bersifat sementara."

Beliau menambahkan, walaupun cengkeh mampu memberikan manfaat untuk meredam sakit gigi, namun Anda sebaiknya berhati-hati dengan tidak mengoleskan minyak cengkeh pada gusi secara berlebihan. Sebab mampu menimbulkan sensasi terbakar dan menyebabkan bisul. "Sebaiknya oleskan saja seperlunya dan pastikan Anda segera ke dokter gigi setelah mengaplikasikan minyak cengkeh di bagian yang sakit."