18 SMA/SMK IKUTI LCC MPR

Pendidikan () 26 Februari 2015 05:54:45 WIB


Padang, 26 Februari 2015

     18 SMA/SMK utusan Kabupaten/Kota mengikuti seleksi Lomba Cerdas Cermat MPR ( Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR ) tingka Provinsi Sumatera Barat, Kamis ( 26-2-2015).

     Kegiatan Lomba Cerdas Cermat MPR ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Drs. Syamsulrizal, MM bertempat di aula lantai III Baltekkomdik Jalan Jenderal Sudirman 52 Padang.

     Dalam sambutannya Kepala Dinas mengatakan, lomba yang dilaksanakan hari ini merupakan seleksi untuk mendapatkan wakil Provinsi Sumatera Barat pada ajang yang sama tingkat nasional nantinya yang diselenggarakan oleh MPR.

     Inti lomba dari kegiatan ini sesuai dengan tugas pokok dan fungsi pendidikan nasional dimana anak-anak dan generasi muda yang bertaqwa, cerdas, trampil wajib mencintai negerinya   sendiri yaitu salah satunya dengan Lomba Cerdas Cermat MPR.

     Kedepannya pelaksanaan LCC MPR ini, anak-anak yang dikirim merupakan hasil seleksi dari SMA/SMK yang ada di Kab/Kota, bukan sekolah yang ditunjuk, dimana dengan hasil seleksi tersebut akan mendapatkan hasil yang terbaik, ungkap Syamsulrizal.

     Sementarai itu ketua pelaksana Kasi Kurikulum Bidang Dikmen Drs. Jhondri Busafril dalam laporannya mengatakan, LCC yang dilaksanakan semenjak tahun 2006 lalu mendapat respon dari Kab/Kota dan pelaksanaan tahun 2015 ditetapkan metode baru yang dapat lebih membuka pemahaman peserta terhadap materi sosialisasi serta membuka ruang partisipasi.

     LCC MPR dilaksanakan sebanyak tiga babak yaitu penyisihan, semi final dan final dengan dewan juri yang telah berpengalaman dibidang lomba yaitu Dra. Hj. Elwinetri Pengawas,     Gatot Santoso, SH, MM Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat dan Drs. Wandra Ilyas, MM kepala UPTD Baltekkomdik. ( Pon Siswa, S.Sos/Disdikbud Sumbar )