Gubernur : Ulama Merupakan Profesi Paling Top

Berita Utama () 29 Maret 2015 14:26:13 WIB


Padang, Profesi seorang Ulama merupakan profesi paling top dari segala profesi yang ada, karena ini merupakan profesi keilmuan sekaligus pengabdian terhadap perkembangan dan siar agama Islam. Seorang Ulama membantu masyarakat menemukan hal-hal yang terbaik menekuni ibadah kepada Allah SWT.

 

Kita ketahui dari dahulu Sumatera Barat merupakan gudangnya para Ulama di Indonesia dan Internasional, namun sesuai perjalanan waktu terjadi kemunduran. Hari ini Muhammadiyah Sumatera Barat melakukan pelatihan dan pengembangan pengetahuan untuk melahirkan Ulama- Ulama baru di Sumatera Barat.


Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno dalam acara pembukaan Launching Pendidikan Kader Ulama angkatan I, di Masjid Taqwa Muhammadiyah, Minggu siang (29/3). Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Muhammadiyah Pusat Prof. Dr. Yurnaldi Ilyas, MSc., Ketua dan Pengurus DPW Muhammadiyah, Tokoh Dr. Syofyan Karim, serta beberapa tokoh masyarakat.

 

Lebih lanjut Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, dalam meletakan dasar-dasar pendidikan Ulama perlu kita dudukan dahulu defenisi Ulama, dimana selain bersikap alim, rahim dan berilmu juga mampu menyampaikan. Dalam banyak ayat dalam Al Qur'an menyatakan dengan beriman dan berilmu mampu meningkatkan derajat sosok manusia.

 

“Saat ini banyak orang yang baru saja memberikan ceramah dengan modal satu ayat telah menyatakan dirinya Ulama, padahal sosok Ulama merupakan sosok tokoh yang memiliki kekuatan keimanan, ketaqwaan dan mengetahui banyak hal tentang Al Qur'an, Sunnah Hadist serta ditambah dengan pengalaman dan penghayatan yang dilakukan”. Terang IP.

 

Lanjutnya, Kita juga heran kenapa para dosen IAIN sendiri banyak menyekolahkan anak-anaknya kepada sekolah umum, tidak fokus kepada ke Agamaan ?. Pertanyaan ini tentu mengelitik kita, bagaimana pembentukan pendidikan Ulama selama ini tidak serius dan setengah hati kita lakukan pengkaderan secara baik. Pada hal amanah yang disia-siakan, tunggulah kehancuran.

 

Namun dari berbagai persoalan tersebut, atas nama pemerintah provinsi Sumatera Barat memberian apresiasi kepada apa-apa yang telah dilakukan hari ini, semoga ini menjadi titik awal kebangkitan kembali pengkaderan Ulama Sumatera Barat di masa-masa mendatang, harapnya.

 

( Humas Sumbar )