Wagub : Batu Akik Naik Gengsi, Mempererat Silaturrahmi

Berita Utama () 30 Maret 2015 06:09:28 WIB


Padang, Batu Akik disamping menjadi perhiasan baik kaum hawa maupun kaum adam, juga dapat menjadi mempererat hubungan silaturrahmi sesama insan.  Sesama karib dan sejawat tidak saja melihatkan apa yang di pakai di jarinya, akan tetapi juga saling tukar batu akik.

“Batu akik bukan sembarang batu akik, batu akik dapat meningkatkan hubungan silaturrahmi sesama kita, saling mengacungkan jari disamping meningkatkan perekonomian dan mengangkat pariwisata di Sumatera Barat, juga membawa citra Sumbar ke dunia internasional, itulah hakekatnya, ibarat padi semakin berisi semakin menunduk kebawah” hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim ketika membuka Kemilau Batu Akik Nusantara di LPP RRI Padang, Senen siang (30/3).

Lebih lanjut disampaikan Muslim Kasim, menurut informasi banyak yang kita terima baik itu dari media massa, maupun tamu-tamu kita yang datang ke daerah ini, batu akik punya dari tarik wisata disamping wisata kuliner.

“Pemerintah provinsi juga sedang memikirkan bagaimana adanya bursa batu akik di Sumbar. Dengan adanya bursa batu akik kedepan tentu lebih memudahkan kita baik itu terhadap kajian pajak atau pendapatan ke daerah” ungkapnya.

Disamping itu, Ia juga mengingatkan bagi penambang batu akik di Sumatera Barat, agar dapat mengandalikan penambangan secara baik jangan sampai merusak hutan, lingkungan seperti di Suliki, Dharmasraya, Solok Selatan, Pesisir Selatan dan daerah lainnya. Muslim Kasim juga memberikan apresiasi adanya rencana membentuk Peraturan Nagari tentang penambangan batu akik di Nagari.

Sementara itu, dengan adanya kegiatan kerajinan batu akik, seperti kita lihat di setiap persimpangan jalan, tempat keramaian ada pengrajin batu akik, bahkan telah menjamur di setiap kabupaten kota di Sumatera Barat.

“ batu akik dapat meningkatkan perekonomian rumah tangga, menjalin kebersamaan sesama kita, disamping ekonomi kreatif, ujar Wagub.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Ir Hendra Irwan Rahim. Ketua LPP RRI Padang Mirza Musa, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sumatera Barat, pengrajin dan insan batu akik di tanah air.

Dipenghujung sambutan, ketua LPP RRI Padang Mirza Musa menyerahkan cendramata batu akik sejenis solar kepada Wagub Muslim Kasim, dan kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

(Humas Sumbar)