Randai Membentuk Generasi Bermoral

Berita Utama Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 13 Juni 2015 08:26:36 WIB


Padang,Randai adalah salah satu permainan tradisional di Minangkabau. Selama ini randai tak begitu diminati oleh generasi muda. Randai merupakan sebuah budaya minang yang hampir hilang. Namun saat ini masih ada juga para seniman, budayawan yang masih mau membina generasi muda kita.

Randai merupakan warisan, budaya, sampaikan kapanpun tetap kita lestarikan. Randai merupakan sebuah media yang dapat memberikan ajakan, cerita, sosialisasi pesan-pesan pembangunan.

Untuk melestarikan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbar mengadakan Festival Randai dalam Pesona Seni Budaya Ranah Minang  tingkat provinsi yang berlangsung di Taman Budaya Sumatera Barat Selasa (9/6) kemarin, yang bertemakan “ Melalui festival randai kita lestarikan seni tradisional yang berkarakter”.

Gubernur Sumatera Barat yang hadir pada kesempatan itu memberikan bantuan sebuah piala bergilir kepada Panitia festival randai, yang mana nantinya Vestival ini tiap tahunnya di adakan agar tetap terjaga, terlestarikan.

“kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap budaya minang, Adat kebudayaan Minangkabau sangat banyak sekali, dan kita harap melalui festival ini bisa melestarikan budaya minang, dan mengurangi degradasi budaya saat ini”, ucap Gubernur saat memberikan sambutan.

Untuk para peserta festival randai terus bisa meningkatkan kemampuannya, terus bersaing dan menciptakan pemuda dan pemudi yang memiliki moral yang tinggi, ucap IP.

(Humas Sumbar)