Tidak Ditemukan Daging Berbahaya di Pasar Raya, Padang

Berita Utama YANITA SELLY MERISTIKA, S.Kom(Dinas Pangan) 09 Juli 2015 23:53:25 WIB


sidak daging sumbarSidak daging yang dilakukan tim terpadu keamanan pangan Sumbar pada hari Selasa (7/7) di Pasar raya, Padang dipastikan aman dari penyakit dan tidak ada ditemukan daging oplosan. Hasil yang ditemukan bahwa daging tersebut baru disembelih.

Tim yang terdiri dari Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Kesehatan, Dinas Perindag, BPOM, Satpol PP Sumbar serta didampingi tim dari Pemko Padang, tidak hanya mendatangi los daging tapi juga pedagang yang menjual pangan lainnya.

“Setelah ujilabor cepat, daging-daging yang dijual di pasar aman dikonsumsi. Begitu juga terhadap ikan teri dan sejumlah bahan pangan lain yang kita ujilabor cepat di lokasi. Tapi kita tetap imbau masyarakat teliti sebelum membelinya,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumbar, H. Ir. Efendi selaku Ketua tim terpadu keamanan pangan Sumbar.

Di lokasi tersebut, dengan peralatan labor, tim mengambil sampel lima daging yang dijual dari lima pedagang yang berbeda. Kemudian tim analis labor mulai menguji dan menganalisa kelima sampel daging tersebut. Ujilabor dilakukan di lokasi itu untuk mengetahui residu antibiotik. lalu menguji apakah daging tersebut oplosan atau tidak hingga uji kebusukan.

“Hasilnya semua negatif, dengan kata lain, tidak ada mengandung penyakit. Daging yang dijual benar-benar daging sapi dan baru disembelih sehingga aman dikonsumsi,” tambah Efendi.