Membangun Ekonomi Umat Bersama Koperasi

UMKM () 26 September 2015 18:07:31 WIB


Forum Koperasi, Juli 2015.  Memperingati Hari Koperasi ke-68  Tahun 2015 Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Masejid Raya Sumatera Barat di Padang yang dilaksanakan pada 29 Mei 2015.  Tabligh Akbar kali ini mengangkat tema " Membangun Ekonomi Umat  Bersama Koperasi" dengan salah satu pembicara adalah Gubernur Sumatera Barat Irwan Payitno.  Pada kesempatan itu, Gubernur menjelaskan bahwa Koperasi baik sebagai gerakan ekonomi rakyat maupun sebagai badan usaha berperan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Koperasi juga mengandung nllai-nilai ukhuwah, kebersamaan, kekeluargaan yang sangat cocok dengan mayarakat Indonesia yang terkenal dengan kebersamaannya dan apalagi dengan masyarakat Minangkabau yang juga memiliki nilai kebersamaan dan kekerabatan yang kuat serta menerapkan prinsip Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah.

Ungkapan senada juga disampaikan oleh ketua MUI Sumbar bahwa gerakan koperasi harus berlandaskan syariah dimana koperasi syariah yang ada di Sumatera Barat harus lebih difokuskan untuk kesejahteraan masyarakat.  

Sedangkan Ketua LKAAM Sumbar, menyampaikan bahwa melalui Tabligh Akbar ini diharapkan agar masyarakat Minangkabau khususnya dan Indonesia umumnya yang didukung oleh pemerintahan , ulama, ninik mamak, bundo kandung, cerdik pandai saling bahu membahu dalam  membangun  ekonomi masyarakat dengan kebersamaan dan kekeluargaan melalui koperasi disetiap nagari  dan dimasing-masing sentra ekonomi masyarakat.i