Kawasan Mandeh Sediakan Banyak Pilihan Untuk Penggemar Pantai dan Laut

Kawasan Mandeh Sediakan Banyak Pilihan Untuk Penggemar Pantai dan Laut

Pariwisata () 15 Oktober 2015 16:09:49 WIB


Kawasan Mandeh adalah kawasan wisata di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang berjarak 56 kilometer dari Kota Padang. Kawasan seluas 18 ribu hektare ini terletak di 13 Nagari sepanjang pesisir barat Sumatera serta sembilan pulau-pulau kecil dan laut di depannya.

Kawasan Mandeh menyediakan banyak pilihan untuk penggemar pantai dan laut. Dimulai dari pemandangan lautnya yang tampak begitu indah dengan gradasi warna air biru tua dan biru muda. Pulau-pulau kecil di sekelilingnya membentengi teluk ini menambah keindahan kawasan wisata ini. Tidak hanya keindahannya, pengunjung juga bisa melakukan olahraga paralayang dari atas puncak bukit, wisatawan juga dapat melakukan beragam aktifitas air seperti berenang, berkayak keliling pulau, speedboat, atau menyelam karena banyak terdapat terumbu karang yang indah.

Nofrin Napilus, Pemerhati wisata Sumatera Barat  mengatakan, Kawasan Mandeh tidak kalah indahnya dengan tempat wisata lain di dunia, tetapi belum terkelola secara optimal.

Andironof, Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas, mengatakan kawasan Mandeh ini lebih strategis dari Raja Ampat di Papua Barat. Aksesnya juga mudah. Sebab, hanya berjarak sekitar 56 km arah selatan dari Kota Padang. "Jika ditempuh via darat hanya menghabiskan waktu 70 menit dari Kota Padang atau dua jam dari Bandara Internasional Minangkabau," ujarnya. Sementara jika menggunakan bus air, bisa menempuh 1,5 jam perjalanan.