Bimtek Pengembangan Usaha Ekonomi Nagari

Kegiatan Strategis () 20 Oktober 2015 08:14:12 WIB


Dirjen Pengembangan Ekonomi Desa Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Sugeng Riyono membuka secara resmi acara Bimbingan Teknis Pengembangan Usaha Ekonomi Nagari, se-Sumatera Barat, di Hotel Royal Denai, Jumat, 9 Oktober 2015. 

Tujuan pelaksanaan Bimbingan Teknis Pengembangan Usaha Ekonomi Desa ini, kata Sugeng Riyono, agar dana dekonsentrasi 2015 ini bisa mendorong dan sekaligus mempercepat pertumbuhan ekonomi di setiap nagari dan memantapkan penyelenggaraan urusan kewenangan pemerintah pusat yang dilimpahkan kepada gubernur.

Secara terpisah, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sumatera Barat, Syafrizal Ucok yang diwakili Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat, Herzadi Lazran menjelaskan, Bimbingan Teknis  Pengembangan Usaha Ekonomi Nagari, diikuti sekitar 150 orang yang merupakan unsur pemerintahan nagari, yang terdiri dari walinagari, Badan Musyawarah (Bamus) Nagari dan Pengelola Badan Usaha Milik Nagari.
 
Menurut Herzadi Lazran, acara pembukaan berlangsung sukses dan meriah. "Semua peserta sangat antusias mengikuti acara dan fakta itu sangat memuaskan saya sebagai Ketua Pelaksana Bimtek Dekonsentrasi Bidang Pengembangan Usaha Ekonomi Desa 2015 ini," katanya.
 
Kemudian,kata Herzadi lagi,  acara ini sengaja mengundang pakar-pakar atau nara sumber yang punya pengetahuan tentang bagaimana mengembangkan usaha ekonomi nagari, seperti Direktur Pengembangan Usaha Ekonomi Desa, Sugeng Riyono yang menyampaikan makalahnya dengan Judul Desa Membangun dan Membangun Desa.