Solok Selatan Miliki 83 Destinasi Wisata Alam

Pariwisata () 21 Desember 2015 08:44:28 WIB


Solok Selatan, PT Amirindo Heru mengungkapkan daerah itu memiliki 83 destinasi wisata yang potensial untuk dikembangkan.

Perwakilan PT Amirindo Mitra, Heru Pramutia di Padang Aro, Rabu, mengatakan dari 83 destinasi wisata tersebut sebarannya yaitu 40 wisata alam, 11 agrowisata dan buatan, 22 wisata budaya serta 10 wisata sejarah dan religi.

"Destinasi wisata di Solok Selatan termasuk salah satu dari enam wilayah di Sumbar yang sangat menonjol,"ungkapnya.

Ada Lima kabupaten/kota yang destinasi wisatanya juga menonjol yaitu Limapuluh Kota, Bukittinggi, Padang Panjang, Payakumbuh dan Pasaman.

Untuk Solok Selatan katanya, dalam Ripda yang disusun terdapat delapan destinasi wisata yang dikembangkan untuk 10 tahun ke depan.

Dalam Ke 10 destinasi wisata tersebut yaitu Danau Bontak, Wisata Minat Khusus Sungai Batang Liki Sangir, kawasan Alam Surambi Sungai Pagu, Seribu Rumah Gadang, Hot Water Boom, Museum Istano Rajo Balun, Rumah Gadang Panjang Abai, serta Wisata Sejarah Perjuangan PDRI.

Ke 10 destinasi wisata tersebut katanya, masih banyak faktor penunjang yang kurang oleh sebab itu perlu dibuat perencanaan yang matang pengelolaannya untuk 10 tahun ke depan.

banyak terdapat dalam segi pemasaran banyak yang kurang, hingga sampai saat ini masih ada yang kurang dalam kerjasama dan inovasi pemasaran, bahkan materi dan bahan promosi juga masih kurang untuk pencitraan di wisata resebut.

Dan Sementara itu Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Solok Selatan, Basrial mengatakan, dengan adanya perencanaan ini akan menjadi panduan bagi pemerintah setempat untuk membuatkan peraturan daerahnya yang lebih baik lagi untuk pengembangan wisata di daerah ini.

"kami berharapun berharap dengan adanya destinasi wisata yang tertata dan dikelola dengan baik maka bisa meningkatkan perekonomian dan pendapatan warga sekitar," jelasnya.